detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 10 Sep 2019 11:42 WIB

MotoGP San Marino 2019: Misi Bangkit Marc Marquez di Rumah Valentino Rossi

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Marc Marquez mengincar kebangkitan di MotoGP San Marino setelah dipecundangi di dua race terakhir (Adrian DENNIS / AFP) Marc Marquez mengincar kebangkitan di MotoGP San Marino setelah dipecundangi di dua race terakhir (Adrian DENNIS / AFP)
Jakarta - MotoGP San Marino 2019 akan jadi peluang bangkit Marc Marquez usai jadi pecundang di dua race terakhir. Bisakah Marc juara lagi di kandang Valentino Rossi?

MotoGP San Marino akan digeber pada hari Minggu (15/5/2019). Balapan akan berlangsung di Sirkuit Marco Simoncelli, atau yang dikenal sebagai Sirkuit Misano.

Marc Marquez sebagai pemuncak klasemen sementara menjadi unggulan untuk balapan akhir pekan ini. The Baby Alien memiliki rekor mentereng kala memacu tunggangannya di sirkuit sepanjang 4,06 km ini.

Pebalap asal Spanyol itu sudah dua kali finis pertama di San Marino, yakni pada balapan MotoGP tahun 2015 dan 2017. Apabila Marquez berhasil menjadi juara di Misano akhir pekan ini, ia akan menyamai rekor Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang berhasil menang tiga kali pada kelas utama.



Balapan ini juga menjadi ajang Marquez untuk merebut kembali podium juara, sejak menang di Republik Ceko saat paruh kedua dimulai. Pada dua balapan terakhir di Austria dan Inggris, juara bertahan MotoGP itu harus puas berada di posisi kedua.

Meski demikian, ambisi Marquez untuk kembali finis pertama tidaklah mudah. Alex Rins masih akan jadi salah satu penantang terbesarnya. Belum lagi Andrea Dovizioso, yang adalah juara bertahan di Sirkuit Misano. MotoGP San Marino juga jadi misi comeback Dovi setelah gagal finis di seri terakhir.

Marquez pun tidak bisa memandang sebelah mata kans pebalap Yamaha. Tim Garpu Tala itu masih memegang rekor kemenangan terbanyak di kelas utama MotoGP San Marino dengan enam kemenangan, disusul oleh Honda sebanyak empat kali, dan Ducati dua kali.

Sirkuti Misano menjadi tempat spesial bagi rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. Lintasan balap ini adalah 'kandang' The Doctor, mengingat lokasi balapan dengan kampung halamannya, Tavullia, hanya berjarak 10 km.



Meski musim ini tampil angin-anginan, namun bukan tidak mungkin bagi Rossi untuk tampil maksimal di tanah kelahirannya. Rekor oke di Misano, plus balapan di hadapan pendukung fanatiknya akan jadi motivasi tambahan juara dunia sembilan kali itu memacu tunggangannya lebih kencang.

Race MotoGP San Marino 2019 akan digelar hari Minggu (15/9) pukul 19.00 WIB. Live streaming balapan di Sirkuit Misano ini juga bisa disaksikan di detikSport.

Daftar juara MotoGP San Marino 10 tahun terakhir:

2018: Andrea Dovizioso (Ducati)
2017: Marc Marquez (Honda)
2016: Dani Pedrosa (Honda)
2015: Marc Marquez (Honda)
2014: Valentino Rossi (Yamaha)
2013: Jorge Lorenzo (Yamaha)
2012: Jorge Lorenzo (Yamaha)
2011: Jorge Lorenzo (Yamaha)
2010: Dani Pedrosa (Honda)
2009: Valentino Rossi (Yamaha)


=====

Balapan MotoGP San Marino bisa disaksikan secara live streaming di detikSport melalui link ini.


Simak Video "Honda Bocorkan Resep Melesatnya Marquez"
[Gambas:Video 20detik]
(din/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com