detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 05 Jan 2020 21:15 WIB

Dovi dan Petrucci: Rival di MotoGP, Akrab di Luar Lintasan

Bayu Baskoro - detikSport
Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci punya hubungan baik di luar lintasan (Foto: Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci saling bersaing sebagai pebalap tim Ducati. Meski demikian, keduanya kerap berlatih bersama di luar balapan MotoGP.

Petrucci menjalani debut di tim pabrikan Ducati pada MotoGP 2019. Pebalap 29 tahun itu berpasangan dengan rider senior, Dovizioso, dan keduanya saling bersaing menjadi yang terbaik di lintasan.

Namun, siapa yang menyangka jika keduanya tidak jarang berlatih bersama, sebelum dan sesudah balapan. Dovi dan Petrucci acapkali berlatih bareng menunggangi motor motorcross, serta latihan sama-sama di trek datar.

Berlatih bersama rekan satu timnya itu menjadi pengalaman tersendiri buat Petrucci. Menurutnya, hal tersebut sangat jarang dilakukan rider MotoGP, mengingat persaingan di antara pebalap setim.


"Tidak ada pebalap yang bersaing di MotoGP melakukan itu dengan rekan satu timnya. Konsep rekan setim di MotoGP sangat berbeda dengan sepakbola atau balap sepeda, dia adalah lawan pertama anda karena anda harus bersaing dengan penunggang motor yang sama," kata Petrucci dikutip dari Speedweek.

Sementara itu, Dovi mengaku tidak masalah berlatih bareng dengan Petrucci di luar balapan. Rider 33 tahun tersebut pula yang menginisiasi pelatihan bareng di antara dua rider Ducati itu.

"Menurut opini saya, saya salah satu dari sekian orang yang melihat bakat Danilo. Talenta dia tak diakui, terutama ketika kami latihan bersama, saya sadar akan hal itu," ujar Dovizioso.


"Seperti halnya setiap pebalap, ada beberapa aspek yang bisa ditingkatkan, tetapi dalam hemat saya dia memiliki talenta luar biasa. Jika kami berlatih bersama di olahraga yang berbeda, itu bisa menjadi keuntungan buat kami berdua," imbuhnya.

"Saya punya pengalaman dan bisa membantunya. Saya juga tahu betapa kuatnya dia, jadi dia bisa membantu saya mendorong diri saya pula,"

"Setiap kali kami berlatih bersama di trek MX, itu menjadi insentif buat saya untuk mencoba belajar dan begitu pula dirinya. Itulah mengapa kami memiliki hubungan yang baik," Dovi mengungkapkan.

Pada MotoGP 2019, Dovi menutup musim dengan menjadi runner-up di bawah Marc Marquez yang menjadi juara dunia. Sementara itu, Petrucci menempati urutan keenam.



Simak Video "MotoGP 2020 Mungkin Sampai Januari 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com