detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 14 Jul 2020 16:15 WIB

Jelang MotoGP 2020: Dicari Pesaing Marc Marquez

Lucas Aditya - detikSport
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez takes a corner during the last day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 9, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) Siapa bisa menjadi pesaing Marc Marquez di MotoGP musim ini. (Foto: AFP/Mohd Rasfan RASFAN)
Jakarta -

MotoGP 2020 akan bergulir pada akhir pekan ini. Siapa yang mampu menjadi pesaing Marc Marquez di musim ini?

Setelah lama tertunda karena pandemi virus Corona, MotoGP 2020 bisa dihelat. MotoGP Spanyol yang menjadi sei pertama setelah adu cepat kuda besi mesti menunggu selama empat bulan untuk memulai musim baru.

Ada 13 seri yang dipastikan digelar di MotoGP musim ini. Semuanya menggunakan sirtkuit yang berada di Eropa.

Di musim lalu, Marc Marquez sangat dominan di MotoGP. Dalam 19 seri yang dipentaskan, Baby Alien gagal meraih podium pertama dalam tujuh balapan.

Marc Marquez sekali gagal finis di saat menjalani MotoGP Amerika Serikat. Dalam enam balapan lainnya, rider 27 tahun itu mampu menempati podium kedua.

Gagal bersaing dengan Marc Marquez musim lalu, para tim pesaing pun berbenah. Dalam tes-tes di awal tahun ini, dua pebalap Yamaha mampu menunjukkan performa yang sip.

Di hari pertama tes di sirkuit Sepang pada 8 Februari, Fabio Quartararo menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 58,572 detik.

Di hari berikutnya, Quartararo juga mampu menjadi yang terdepan dengan catatan waktu satu menit 58,349 detik.

Catatan waktu terbaik Marc Marquez dalam tes di Sepang itu masih tertinggal 0,423 detik dari torehan terbaik Quartararo.

Sementara di tes MotoGP Qatar pada 22-24 Februari, rider Yamaha lainnya, Maverick Vinales, menjadi yang tercepat. Dia menorehkan putaran terbaik dengan catatan waktu satu menit 53,858 detik.

Marc Marquez masih tertinggal dengan menempati posisi ketujuh, catatan waktunya 0,291 detik lebih lambat dibandingkan Vinales.

Bos Gresini Racing, Fausto Gresini, menjadi salah satu orang yang menilai bahwa penundaan start MotoGP kali ini menguntungkan Honda dan Marquez.

"Ekspektasi untuk Qatar tahun ini sangat tinggi karena Marquez dalam masalah dan bisa menjalani start dengan langkah yang salah," kata Gresini di GP One.

"Jeda ini memberi sebuah keuntungan untuk Honda. Tapi, Yamaha dan Suzuki juga sudah menunjukkan diri dalam permainan."

"Ducati kesulitan dengan ban dan membutuhkan waktu sedikit lebih banyak dalam tes, seperti Aprilia untuk alasan yang berbeda," kata dia menambahkan.

Dengan hasil tes-tes yang sudah tersaji, siapa yang bisa menjadi pesaing Marc Marquez di MotoGP musim ini?



Simak Video "Lihat Lagi Aksi 'Gila' Marc Marquez Sebelum Patah Tulang Lengan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com