detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 15 Jul 2020 21:30 WIB

Bisakah Ducati Saingi Honda Lagi di MotoGP 2020?

Yanu Arifin - detikSport
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - NOVEMBER 01: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team heads down a straight during the MotoGP of Malaysia - Free Practice at Sepang Circuit on November 01, 2019 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Andrea Dovizioso menjadi pesaing Marc Marquez dalam dua musim terakhir. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta -

Ducati selalu menjadi penantang Honda di MotoGP dalam beberapa musim terakhir. Di MotoGP 2020, mampukah pabrikan Italia itu kembali menyulitkan sang rival?

MotoGP 2020 akhirnya bakal digelar akhir pekan ini. Sirkuit Jerez di Spanyol akan menjadi tuan rumah seri pembuka pada Minggu (19/7/2020), setelah kejuaraan sempat tertunda berbulan-bulan akibat pandemi corona.

Jelang persaingan dimulai, sorotan tertuju pada Ducati. Tim yang berbasis di Borgo Panigale, Bologna, itu ditunggu aksinya untuk merepotkan Honda lagi tahun ini.

Sejak 2017, Ducati memang menjadi penantang utama Honda dalam memperebutkan gelar juara. Lewat pebalap andalannya, Andrea Dovizioso, Ducati bisa bersaing tiap pekan melawan Marc Marquez, dan selalu menjadi runner up di akhir musim hingga tahun lalu---menggeser Yamaha.

Honda, meski bisa selalu menjadi juara di akhir musim, kerap kerepotan melawan Dovizioso. Meski begitu, tren Ducati sendiri naik turun dalam beberapa tahun terakhir. Pergantian line up pebalap menjadi salah satu penyebabnya.

Di 2017, di bawah duet Dovizioso dan Jorge Lorenzo, Ducati bisa meraih 6 kemenangan--yang semuanya disabet Dovizioso. Semusim berselang, Ducati bisa merebut 7 kemenangan, yakni Dovizioso empat kali dan Lorenzo tiga kali.

Di 2019, penampilan Ducati merosot cuma meraih tiga kemenangan. Dua kali dari aksi Dovizioso, dan sekali dari Danilo Petrucci, yang menggantikan Lorenzo setelah sang rider menyebrang ke Honda. Posisi Ducati di klasemen konstruktor juga turun ke peringkat tiga di MotoGP 2019.

Tahun ini, Honda yang gantian melakukan pergantian line up. Pabrikan Jepang mengganti Lorenzo dengan Alex Marquez, adik dari Marc. Adapun Ducati tetap mempertahankan line up Dovizioso dan Petrucci.

Setelah sama-sama terganggu akibat pandemi corona, persaingan Honda dan Ducati bakal dimulai akhir pekan ini. Kondisi kedua sendiri cukup berbeda jelang balapan pertama.

Dovizioso sempat mengalami cedera akibat bermain motocross, selama libur pandemi corona. Kondisinya masih diragukan, meski diklaim bisa turun di Jerez.

Adapun Marquez terlihat fit jelang seri perdana. Juara bertahan MotoGP dalam empat musim terakhir itu justru sudah pulih dari cedera bahunya, setelah dioperasi pada akhir tahun lalu.

Setelah sama-sama terganggu akibat pandemi corona, dan kondisi rider andalannya yang berbeda, persaingan Honda dan Ducati bakal dimulai akhir pekan ini. Siapa yang bakal berjaya di akhir musim?



Simak Video "Marquez Pamer Patah Tulang Lengannya yang Bikin Ngilu"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com