detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 16 Jul 2020 22:45 WIB

MotoGP Spanyol: Banding Ditolak, Hukuman Quartararo Berlaku Besok

Adhi Prasetya - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 20:  Fabio Quartararo of France and Petronas Yamaha SRT  looks on in box during the MotoGP Tests in Valencia at Ricardo Tormo Circuit on November 20, 2019 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Quartararo harus melewatkan 20 menit sesi latihan bebas pertama di MotoGP Spanyol. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Fabio Quartararo gagal lolos dari jerat hukuman atas pelanggaran aturan penggunaan komponen motor dalam latihan. Hal ini usai banding yang ia ajukan ditolak.

Diketahui, pebalap 21 tahun asal Prancis itu dikenakan penalti 20 menit selama sesi latihan bebas pertama MotoGP Spanyol, Jumat (17/7/2020). Penyebabnya, ia terbukti memodifikasi motor Yamaha R1 yang dipakai untuk latihan dengan menggunakan tambahan komponen yang dilarang digunakan di luar lomba.

Hal itu dilakukan saat berlatih di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, pada 18 dan 19 Juni lalu. Selepas putusan itu turun, pebalap Petronas Yamaha SRT itu langsung mengajukan banding karena merasa tidak sengaja melakukannya.

Meski begitu, bandingnya ditolak. Dalam keterangannya, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) selaku badan olahraga motorsport dunia menyebut video yang memperlihatkan spesifikasi motor yang dipakai Quartararo merupakan bukti kuat yang menunjukkan adanya pelanggaran.

Selain itu, Quartararo dan perwakilan Petronas Yamaha pun sudah mengkonfirmasi bahwa mereka memang menggunakan motor modifikasi tersebut dan pelanggaran penggunaan komponen ini merupakan keteledoran mereka.

Apalagi, Quartararo juga tak melaporkan modifikasi itu kepada Direktur Teknik MotoGP, Danny Aldridge.

"Atas dasar ini, para Pejabat Banding FIM memutuskan: 1) Mengkonfirmasi keputusan yang diutarakan oleh Pengawas MotoGP, 2) Menolak banding yang diajukan," tulis pernyataan FIM.

Dengan demikian, Quartararo harus rela waktu latihannya terpangkas 20 menit. Meski begitu, hukuman ini diprediksi tak akan berpengaruh banyak terhadap persiapannya jelang MotoGP Spanyol. Pasalnya, ia mampu tampil bagus di sesi tes yang berlangsung pada Rabu (15/7) kemarin.

Dalam dua sesi, ia mencatatkan waktu 1 menit 38,312 detik (terbaik kelima) di sesi pertama dan membaik di sesi kedua menjadi 1 menit 37,911 detik (terbaik kedua).



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com