detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 19 Jul 2020 11:30 WIB

Nyaman dengan Motor Baru, Quartararo Incar Kemenangan Perdana di MotoGP

Adhi Prasetya - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 17:  Fabio Quartararo of France and Petronas Yamaha SRT  
 rounds the bend during the MotoGP of Spain - Free Practice at Circuito de Jerez on July 17, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Quartararo akan berada di pole position di balapan MotoGP Spanyol. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jerez -

Fabio Quartararo semakin nyaman dengan motor barunya di musim ini. Pebalap Petronas Yamaha SRT itu pun bertekad meraih kemenangan perdana dalam kariernya di MotoGP Spanyol.

Persiapan Quartararo jelang seri pembuka di Sirkuit Jerez berjalan lancar. Meski sempat terkena penalti 20 menit di latihan bebas pertama yang membuat catatan waktunya hanya di urutan ke-17, namun di sesi berikutnya hasilnya terus membaik.

Di sesi latihan bebas kedua, ia hanya kalah cepat dari rekan setimnya, Franco Morbidelli. Di sesi latihan bebas ketiga dan babak kualifikasi, ia menempati urutan pertama, sehingga berhak start terdepan di balapan hari Minggu ini.

Performa Quartararo tak lepas dari spesifikasi motornya yang naik kelas dibandingkan tahun lalu. Pada MotoGP 2019, ia diberi motor YZR-M1 kelas B. Meski begitu, musim lalu ia berhasil meraih pole position 6 kali dan naik podium sebanyak 7 kali. Ia diganjar penghargaan Rookie of the Year 2019 atas capaiannya itu.

Musim ini, ia pun diberi motor kelas A sebagai bayaran atas kerja kerasnya. Dengan performa motor yang lebih baik, ia dijagokan bisa menyaingi Mac Marquez yang begitu dominan selama 4 tahun terakhir.

Jelang balapan, ia pun semakin merasa nyaman dengan motor spesifikasi barunya itu. Meski demikian, ia terus melakukan adaptasi.

"Motor tahun ini sebetulnya tidak sulit ditunggangi, tapi dengan motor tahun 2019 saya merasa lebih baik di akhir musim karena saya sudah menuntaskan 19 balapan, dan sudah mengujinya. Sedangkan sekarang saya sempat tidak membalap selama 5 bulan dengan mesin motor yang baru, jadi saya perlu waktu untuk beradaptasi dan memiliki feel yang sama seperti motor tahun lalu," kata Quartararo, dikutip oleh Crash.

"Kami perlu menguji lebih sering, melakukan latihan lebih banyak karena ini baru balapan pertama musim ini."

"Balapan nanti akan jadi pengalaman yang bagus, balapan pertama dengan motor baru. Ada potensi menang dan perasaan saya pun bagus. Terasa menyenangkan, sudah lama sekali sejak balapan terakhir di Valencia (seri terakhir MotoGP 2019)."

"Yang pertama saya lakukan adalah menikmati balapan dan memastikan semuanya berjalan lancar. Start yang bagus, lap pertama yang bagus, dan semoga bisa membalap sekencang-kencangnya," tukas pebalap asal Prancis itu.

Hasil tes Quartararo di MotoGP Spanyol

Latihan bebas 1 : 1 menit 38,245 detik (urutan ke-17)

Latihan bebas 2 : 1 menit 38,152 detik (urutan kedua)

Latihan bebas 3 : 1 menit 36,806 detik (urutan pertama)

Kualifikasi : 1 menit 36,705 detik (pole position)



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com