MotoGP Austria 2020: Dovizioso Pertegas Dominasi Ducati

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 16 Agu 2020 20:20 WIB
BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 08:  Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team rounds the bend during the MotoGP Of Czech Republic - Qualifying Practice at Brno Circuit on August 08, 2020 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Andrea Dovizioso mempertegas dominasi Ducati di MotoGP Austria 2020. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Spielberg -

Andrea Dovizioso menjadi pemenang di MotoGP Austria 2020. Kemenangan Italiano itu mempertegas dominasi Ducati di Spielberg.

Dalam balapan di Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (16/8/2020) malam WIB, Dovizioso mampu merebut podium pertama setelah menyelesaikan balapan dalam durasi 28 menit 20,583 detik.

Baca juga: [Fokus] Drama di MotoGP Austria

Dovisozo mempertegas domnasi Ducati dalam setengah dekade di MotoGP Austria. Sejak 2016 rider-rider Ducati bergantian menjadi pemenang.

Di 2016, Andrea Iannone pemenangnya. Jorge Lorenzo mempersembahkan kemenangan pada 2018. Sementara itu, Dovizioso sebanyak tiga kali. Selain seri kali ini, rider Italia itu menang pada 2017 dan 2019.

Kemenangan kali ini dipersembahkan oleh Dovizioso setelah dipastikan tidak memperpanjang kontrak dengan Ducati untuk musim depan.

Jalannya Balapan

Vinales gagal melakukan start bagus. Dia kehilangan posisi terdepan, disalip oleh Jack Miller sebelum tikungan pertama.

Saat lap pertama selesai, dua motor Ducati menempati posisi 1-2. Miller disusul oleh Andrea Dovizioso.

Fabio Quartararo terlempar ke posisi paling belakang saat balapan menyisakan 23 lap. Dia melakukan kesalahan di tikungan keempat, hingga keluar lintasan.

Sementara itu, Pol Espargaro berhasil menyalip Miller untuk mengambil alih posisi terdepan dalam balapan.

Crash yang melibatkan Franco Morbidelli dan Johann Zarco di tikungan ketiga saat balapan menyisakan 20 lap. Motor Morbidelli menerjang motor Zarco, hingga mengakibatkan kedua pebalap terpelanting.

Motor YZR-M1 yang ditunggangi Morbidelli, hancur. Sama halnya dengan motor dari Zarco juga hancur. Bendera merah pun dikibarkan untuk membersihkan puing-puing. Balapan dilanjutkan lagi dengan menyisakan 20 lap lagi.

Saat restart lagi, Miller bisa langsung mengambil alih posisi terdepan. Dia mendahului Pol Espargaro, untuk mengambil alih posisi terdepan.

Saat balapan menyisakan 12 lap, terjadi crash lagi. Kali ini, Pol Espargaro yang gagal terjatuh karena terlibat insiden dengan Miguel Oliveira.

Alex Rins mesti menyudahi balapan lebih awal. Grip ban rider asal Spanyol itu hilang, hingga langsung terjatuh dan menyasar gravel.

Joan Mir mengunci posisi kedua disaat-saat terakhir. Dia menyalip Miller untuk mengamankan posisi kedua.

Dovizioso menjadi pebalap terdepan, berhasil mengulang kesuksesan musim lalu.

(cas/rin)