detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 27 Agu 2020 11:47 WIB

Takhayul di MotoGP: Ritual Rossi dan Marquez soal Celana Dalam

Kris Fathoni W - detikSport
Takhayul di MotoGP: Ritual Rossi dan Marquez... soal Celana Dalam. (Foto: Gabriel Bouys/AFP) Takhayul di MotoGP: Ritual Rossi dan Marquez... soal Celana Dalam. (Foto: Gabriel Bouys/AFP)
Jakarta -

Valentino Rossi dan Marc Marquez punya ritual-ritual khusus, yang lazim dikaitkan dengan takhayul di dunia balap termasuk MotoGP. Termasuk soal celana dalam.

Ritual dan keyakinan unik lazim hadir di dunia olahraga, baik itu karena didasari faktor takhayul atau sekadar kebiasaan yang terus berulang -- bahkan jadi menjurus ke arah obsesif kompulsif.

Nah, Valentino Rossi adalah salah satu rider MotoGP yang dikenal amat lekat dengan kebiasaan-kebiasaan unik bernusana takhayul di lintasan. Salah satunya diulas MotoGP.com medio 2018 dalam artikel "Racing Together: Superstition".

"Valentino Rossi memiliki ritual paling kondang di era four stroke modern," sebut artikel itu.

Para penggemar MotoGP tentu cukup tak asing lagi dengan rangkaian ritual Rossi itu, seperti ketika ia jongkok di samping kanana motornya. Atau caranya mengecek racing suit di bagian selangkangan, helm, dan sarung tangan, yang semuanya selalu berulang.

"Sudah pasti di antara rider lain, Valentino itu yang paling percaya takhayul. Yang paling menonjol, paling berbeda dan aneh secara bersamaan adalah caranya menggaruk bagian selangkangan dan menarik (racing suit) bagian bokong tiap kali meninggalkan pit lane," ujar mantan rider MotoGP Ben Spies.

Ben Spies, yang pernah jadi rekan satu tim Valentino Rossi di Yamaha, dengan kocak juga bicara lebih lanjut soal kebiasaan Rossi tersebut. Ia pun mencoret kemungkinan Rossi melakukan aksi 'tarik-tarik' itu karena tak nyaman dengan celana dalam.

"Cuma ada kemungkinan, 1) hai semua orang, lihatlah diriku; atau 2) itulah takhayulku. Hari begini, jika Anda menggunakan pakaian dalam yang rasanya tak nyaman di bokong setiap kali memakai (baju balap) kulit, itu kan artinya enggak cocok. Kalau Rossi, dari 20 tahun lalu pun ia bisa saja sudah belajar untuk memakai celana dalam yang lain. Itu tak masuk akal, tapi semua orang tahu mengenai hal ini dan pastinya tetap lihat menyimak," katanya soal ritual Valentino Rossi.

[Selanjutnya: Ritual Marc Marquez, juga ada soal celana dalam]

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com