detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 30 Sep 2020 17:27 WIB

Ducati Resmi Gaet Bagnaia untuk MotoGP 2021

Okdwitya Karina Sari - detikSport
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 25:  Francesco Bagnaia of Italy and Pramac Racing  looks on in box during the free practice of the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 25, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Francesco 'Pecco' Bagnaia digaet Ducati untuk MotoGP 2021. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Tim pabrikan Ducati akhirnya melengkapi line-up pebalapnya. Tim asal Italia itu mengumumkan Francesco 'Pecco' Bagnaia sebagai pebalap barunya untuk musim MotoGP 2021.

Bagnaia, 23 tahun, akan bertandem dengan Jack Miller di Ducati pada tahun depan. Kedua pebalap itu menggantikan duet Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Di musim keduanya di kelas premier, Bagnaia tampil menjanjikan bersama Pramac. Sekalipun sempat absen di tiga balapan akibat kecelakaan di Brno, pebalap Italia itu lantas bangkit untuk finis runner-up di seri San Marino dan nyaris juara di Emilia Romagna seandainya saja tidak jatuh saat memimpin balapan di fase akhir.

"Debut MotoGP-ku tidak mudah, tapi di Ducati mereka tidak pernah meragukan aku: mereka memberiku seluruh dukungannya dan kepercayaan yang diperlukan seorang pebalap rookie dan mereka membiarkan aku memiliki pengalaman di 2019," kata Bagnaia dikutip Motorsport.

"Aku mendengarkan mereka, aku percaya mereka, bersama-sama kami belajar untuk mengenal dan memahami satu sama lain dan sekarang kami membentuk sebuah tim hebat. Mereka mengajariku sebuah metode bekerja untuk mendapatkan kepuasan besar dan kurasa ini baru awalnya saja."

"Hari ini aku adalah orang paling bahagia di dunia, bagiku merupakan impian yang jadi kenyataan: menjadi seorang pebalap pabrikan Ducati yang selalu menjadi ambisiku selama ini dan aku telah meraih sukses bersama dengan mereka yang selalu percaya kepadaku bahkan ketika banyak hal berjalan keliru," imbuh Bagnaia.

Keputusan Ducati memilih Bagnaia tidak lepas dari keretakan hubungan dengan Dovizioso, yang menjadi pebalapnya dalam delapan tahun terakhir. Kedua pihak tidak dapat bersepakat dalam negosiasi kontrak baru, yang diyakini berkaitan dengan aspek finansial.

Sementara itu Dovizioso kini dalam posisi sulit. Dengan Bagnaia bergabung Ducati, maka Dovizioso tinggal memiliki opsi untuk bergabung Aprilia bersama Aleix Espargaro. Sementara Petrucci akan hengkang ke Tech3 KTM.

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com