detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 12 Okt 2020 07:00 WIB

MotoGP Prancis: Hujan Bikin Quartararo Gagal Podium

Adhi Prasetya - detikSport
Frances rider Fabio Quartararo of the Petronas Yamaha SRT steers his motorcycle during the MotoGP race of the French Motorcycle Grand Prix at the Le Mans racetrack, in Le Mans, France, Sunday, Oct. 11, 2020. (AP Photo/David Vincent) Quartararo cuma finis di posisi kesembilan di MotoGP Prancis. Foto: AP/David Vincent
Le Mans -

Fabio Quartararo memang gagal meraih podium di MotoGP Prancis. Meski begitu, ia tetap merasa puas karena berhasil menambah poin dan menjauh dari kejaran lawan-lawannya.

Di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu (11/10/2020), Quartararo dijagokan meraih kemenangan. Apalagi ia berhasil meraih pole position, yang artinya ia akan start paling depan.

Namun kenyataannya berbeda di trek. Hujan yang turun membuat Quartararo sulit tampil maksimal. Pebalap Petronas Yamaha SRT itu tak terbiasa balapan di trek basah.

Akibatnya, posisinya terus-menerus merosot karena disalip pebalap-pebalap lain, bahkan turun sampai urutan ke-11.

Beruntung, sejumlah crash yang dialami rider-rider di depannya seperti Jack Miller, Alex Rins, dan Cal Crutchlow membuat posisinya beranjak. Ia pun mampu memanfaatkan kesempatan itu dan akhirnya bisa finis di posisi ke-9.

"Balapan di Le Mans adalah pengalaman pertama saya di trek basah. Tapi hasilnya akhirnya tak buruk-buruk amat kok, terutama jika mengaitkannya dengan persaingan gelar juara dunia," kata Quartararo, dikutip GPOne.

"Di awal balapan saya sedikit kesulitan dengan ban belakang saya, tak seperti Dovi(zioso) atau Petrucci yang memang kuat. Di lap-lap awal saya coba mempertahankan posisi saya, tapi setelah lap kesembilan saya betul-betul kesulitan dengan cengkraman motornya."

"Saya betul-betul menderita, terutama saat keluar dari tikungan. Tapi yang penting saat ini adalah belajar memahami apa yang barusan terjadi untuk persiapan di masa depan," jelasnya.

Quartararo saat ini memimpin klasemen pebalap dengan 115 poin dari 9 balapan. Ia unggul 10 poin dari Joan Mir (Suzuki) yang ada di posisi kedua dan 18 poin dari Andrea Dovizioso (Ducati) yang ada di urutan ketiga.



Simak Video "Quartararo Ungkap Alasan Ogah Ikut Uji Coba MotoGP Portimao"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com