Dovizioso Jadi Test Rider MotoGP? Doohan Bilang Mendingan ke Superbike

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 03 Nov 2020 19:15 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 07: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team  looks on in box during the MotoGP Pre-Season Tests at Sepang Circuit on February 07, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Dovizioso kemungkinan jadi pebalap tes di MotoGP 2021. Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images
Jakarta -

Andrea Dovizioso mungkin akan menjadi test rider di MotoGP 2021. Ia pun disarankan untuk pindah ke jalur lain, semisal Superbike World Championship (WSBK).

Saat ini, Dovizioso belum mengumumkan ke mana selanjutnya ia akan berlabuh setelah kontraknya tak diperpanjang Ducati. Rumor yang berhembus kencang, ia akan menggantikan Jorge Lorenzo sebagai pebalap tes Yamaha.

Mick Doohan pun sedikit menyayangkan seandainya Dovi absen di MotoGP musim depan dan 'turun pangkat' sebagai pebalap tes. Bagi legenda MotoGP asal Australia itu, Dovi masih bisa tampil kompetitif di lintasan.

"Dovizioso masih bisa melakukan banyak hal. Dia punya banyak pengalaman. Dia masih bisa memenangi balapan dan bersaing jadi juara dunia," kata Doohan, dikutip dari Motorsport Total.

"Saya tak cukup dekat dengannya, tapi tetap aneh rasanya kalau dia tak bisa mendapat tim yang bagus."

Doohan menyarankan Dovizioso mencoba pindah ke ajang Superbike, yang mana lazim dilakukan rider-rider MotoGP di masa lalu. Namun seandainya Dovi sudah mantap menjadi pebalap tes, Doohan hanya bisa mendoakan yang terbaik.

"Akan sulit baginya jika tak bisa menemukan tim. Kalau saya jadi dia, lebih baik pensiun atau pindah ke WSBK," kata Doohan.

"(Menjadi pebalap tes) adalah akan terasa sangat sepi, sebab kamu membalap seorang diri. Jika pekerjaan semacam itu yang tersedia untuknya, dia bisa menikmatinya dan menjalani kehidupan yang berbeda, itu bisa jadi win-win solution untuk kedua pihak."

"Kalian bisa lihat kemajuan yang dibawa (Dani) Pedrosa (sebagai test rider) di KTM. Dani adalah orang yang bisa membawa proyek itu ke arah yang tepat. Hal serupa bisa dilakukan oleh Dovizioso. Kehadiran seseorang sepertinya bisa menjadi keuntungan untuk sebuah tim," jelas juara dunia lima kali itu.

(adp/cas)