detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 12 Nov 2020 18:00 WIB

Alex Marquez: Joan Mir Rider Pintar, Pantas Ditiru

Lucas Aditya - detikSport
Spains rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR celebrates his victory on the podium after wining the MotoGP race during the European Grand Prix in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 8, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz) Joan Mir dan Suzuki dipuji Alex Marquez. (Foto: AP/Alberto Saiz)
Jakarta -

Rider Suzuki, Joan Mir, sedikit lagi menjadi juara dunia MotoGP 2020. Dia disebut Alex Marquez sebagai pebalap pintar yang pantas menjadi panutan.

Hingga MotoGP 2020 tinggal 2 seri, Joan Mir masih kukuh di puncak klasemen MotoGP. Dia mencatatkan 162 poin, unggul 37 angka dari Fabio Quartararo dan Alex Rins yang menjadi pesaing terdekat.

Dengan keunggulan itu, Joan Mir tinggal harus finis di posisi tiga besar MotoGP Valencia agar bisa dikukuhkan menjadi juara dunia.

Hasil MotoGP 2020 sejauh ini jelas jauh dari prediksi di awal musim. Alex Marquez pun memuji Suzuki dan Mir.

"Ya, dia melakukan langkah yang sangat bagus, juga Suzuki. Andai anda melihat kejuaraannya, jelas bahwa motor Suzuki sangat komplet," kata Alex Marquez di Motorsports.

"Dia (Mir) pintar untuk mengambil kesempatan itu di tahun yang aneh ini, dengan balapan yang lebih sedikit, dengan cederanya Marc (Marquez)."

"Dia mengambil kesempatan dan (Minggu lalu) dia melakukan apa yang diperlukan oleh seorang juara dengan menaruh semuanya di atas meja dan bilang 'saya ingin memenangi kejuaraan ini'."

"Dia meraup poin yang bagus. Jadi, buat saya ini menjadi contoh bagus untuk terus melangkah, untuk terus termotivasi untuk masa depan karena kita melihat segalanya mungkin di MotoGP," kata dia menambahkan.

Suzuki dan Mir memang cukup konsisten di musim ini. Saat menyelesaikan 10 dari 12 balapan, dia mampu meraih podium sebanyak tujuh kali. Kemenangan pertama dicatatkan Mir di MotoGP Eropa akhir pekan lalu.



Simak Video "Setelah Sekian Podium, Akhirnya Joan Mir Menang Juga"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com