detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 13 Nov 2020 11:16 WIB

Sulit Bayangkan Joan Mir Gagal Menjuarai MotoGP 2020

Adhi Prasetya - detikSport
LE MANS, FRANCE - OCTOBER 08: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR speaks during the press conference pre-event during the MotoGP of France: Previews at Circuit Bugatti on October 08, 2020 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Joan Mir selangkah lagi menjadi juara dunia MotoGP 2020. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Valencia -

Joan Mir berpeluang besar mengunci gelar juara MotoGP 2020 pada akhir pekan ini. Dua saingan terdekatnya, yakni Fabio Quartararo dan Alex Rins, ragu bisa menghalangi hal tersebut.

Jelang MotoGP Valencia, yang merupakan seri ke-13 musim ini, Mir sedang memimpin klasemen sementara pebalap dengan 162 poin. Sedangkan Quartararo dan Rins sama-sama mengumpulkan 125 poin.

Dengan sisa dua balapan lagi, langkah Mir menuju singgasana juara musim ini tampak tak terhentikan. Apalagi rider Suzuki Ecstar itu menjadi yang paling konsisten sepanjang musim, di mana ia meraih sekali kemenangan dan 6 kali podium.

Dengan segala skenario perhitungan yang mungkin terjadi, cara yang paling mudah bagi Mir adalah dengan merebut podium di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020). Finis tiga besar sudah cukup memastikan trofi juara, terlepas hasil-hasil yang diraih para kompetitor.

Dan hal itu tampaknya sulit dihentikan siapapun, mengingat Mir begitu tangguh. Di mata para rival, saat ini ia seperti tak punya kelemahan.

"Saya tak berpikir demikian," ujar Rins, mengenai apakah Joan Mir memiliki kelemahan, seperti dikutip Crash.

"Saat ini dia memiliki jarak poin yang bagus, dia amat konsisten dalam beberapa balapan terakhir, dan sudah melakukan pekerjaannya dengan baik. Motornya juga sepertinya berfungsi dengan baik, jadi akan sulit (melawannya). Akan aneh rasanya kalau dia kehilangan gelar juara," ujarnya.

Hal serupa diungkapkan Quartararo. Baginya, Joan Mir sudah hampir pasti menjadi juara MotoGP musim ini.

"Dia (Joan Mir) kelihatannya tak punya banyak kelemahan, tapi memang saya tak mencari-carinya," kata Quartararo.

"Saya mencoba mengatur cara terbaik agar bisa tampil bagus, membawanya ke Portimao (MotoGP Portugal, seri terakhir musim ini), dan berjuang hingga akhir. Saya tak melihat ada banyak kelemahan, tapi di sisi kami sendiri, kami harus membuat perbaikan agar bisa menang akhir pekan ini," jelas rider Prancis itu.

MotoGP Valencia akan berlangsung pada Minggu pukul 20.00 WIB dan bisa disaksikan di Trans 7 atau live streaming detikSport.

(adp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com