detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 16 Nov 2020 07:30 WIB

Joan Mir Juara MotoGP 2020, Catatannya Lebih Oke dari Rossi dan Marquez

Yanu Arifin - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 15: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  celebrates with Davide Brivio (L) of Italy and Team Suzuki MotoGP  the victory of 2020 championship of MotoGp season under the podium at the end of the MotoGp race during the MotoGP of Comunitat Valenciana at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 15, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Joan Mir (tengah) menjadi juara dunia MotoGP 2020. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valencia -

Joan Mir bisa menyabet gelar juara dunia MotoGP 2020. Catatanya bahkan lebih oke dari yang ditorehkan Valentino Rossi atau Marc Marquez.

Mir memastikan titel juara dunia MotoGP 2020, usai bias finis di MotoGP Valencia 2020, Minggu (15/11/2020). Pebalap Suzuki Ecstar itu finis ke-7, ketika di saat bersamaan pesaingnya, yakni rider Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo justru crash.

Dengan finis ketujuh dan Quartararo jatuh, Mir tetap memimpin klasemen MotoGP dengan 171 poin. Torehan itu membuat raihan pebalap Spanyol tersebut takkan terkejar lagi oleh para rival, dengan kejuaraan MotoGP 2020 tinggal menyisakan satu race lagi.

Bagi Mir, gelar juara dunia MotoGP 2020 menorehkan catatan spesial. Sebab, ia melakukannya saat baru lima tahun bersaing di kejuaraan dunia balap motor.

Mir sedianya baru turun ke kejuaraan dunia pada 2015. Ketika itu, ia turun di kelas Moto3 bersama tim Leopard Racing, namun cuma berstatus pebalap cadangan.

Baru di 2016, Mir mendapat kesempatan banyak. Ia tampil sebagai pebalap reguler, dan finis kelima di akhir musim.

Setahun berselang, Mir bisa menjadi juara dunia Moto3 bersama Leopard Racing. Hasil itu membawanya naik ke Moto2 pada 2018. Semusim di Moto2, torehannya tak buruk-buruk amat, yakni finis ke-6.

Pada 2019, Mir pun naik ke MotoGP, usai direkrut Suzuki. Setelah finis ke-12 musim lalu, pebalap asal Mallorca itu bisa menjadi juara di 2020.

Catatan lima musim langsung juara membuatnya melampaui Rossi dan Marquez. Sebab, dua ikon MotoGP saat ini tersebut baru bisa menyabet titel juara MotoGP di musim keenamnya.

Marquez baru bisa menjadi juara MotoGP saat memasuki musim keenamnya, sejak debut penuh di kejuaraan dunia pada 2008. Adapun Rossi juga demikian, dengan baru juara MotoGP pada 2002, sejak debut pada 1996.

(yna/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com