detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 18 Nov 2020 16:21 WIB

Kali Ini Valentino Rossi Keluhkan Ban Motornya, Bilang Apa?

Bayu Baskoro - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 13: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team prepares to start in box during the free practice for the MotoGP of Comunitat Valenciana at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 13, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi mengeluhkan ban motor yang dipakainya di MotoGP Valencia. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Valencia -

Valentino Rossi kembali mengeluh usai raihan kurang memuaskannya di MotoGP Valencia 2020. Kali ini, The Doctor tak puas dengan ban motor yang digunakannya.

Rossi menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020), di posisi ke-12. Pebalap tim Monster Energy Yamaha itu menorehkan waktu 41 menit 22,478 detik, atau tertinggal 19 detik dari Franco Morbidelli, anak didiknya yang berhasil merebut podium pertama.

Ini merupakan kali pertama Rossi berhasil menyelesaikan balapan setelah sebelumnya gagal finis di enam race beruntun. Hal itu berdampak pada posisinya di klasemen sementara MotoGP 2020, yakni tertahan di peringkat ke-15 dengan 62 poin.

Seusai MotoGP Valencia, Valentino Rossi membeberkan masalah yang dihadapinya selama balapan. Juara dunia sembilan kali itu lagi-lagi mengeluhkan kondisi motor YZR-M1 yang ditungganginya.

Namun, bukan mesin motor yang kali ini menjadi sasaran keluhan Rossi. Alih-alih mesin, dia justru mengeluhkan ban motornya.

Dalam pandangan Rossi, ban Michelin yang dipakai Yamaha tidak digunakan dengan benar. The Doctor pun membandingkannya dengan saat ban Bridgestone masih dipasang di kendaraannya lima tahun silam.

"Kami memiliki masalah dengan cengkraman pada roda belakang untuk waktu yang lama. Pada dasarnya yakni sejak Michelin mengambil alih," kata Rossi, dilansir dari Speedweek.

"Motor kami bekerja sangat baik dengan Bridgestone. Hingga tahun 2015 motor kami berada di papan atas, bahkan yang terbaik atau setidaknya setingkat dengan Honda. Gelar juara dunia dimenangkan dengan itu," dia menambahkan.

"Namun sejak kami menggunakan ban ini, kami mengalami lebih banyak masalah. Kami seperti tidak memahami sesuatu, seolah-olah kami tidak tahu bagaimana menggunakannya dengan benar,".

"Ban dengan desain baru ini di atas kertas seharusnya menjadi ban buat Yamaha. Ketika saya mencoba ban untuk pertama kalinya, itu terlihat sedikit lebih baik daripada tahun lalu, tapi masih sangat mirip,".

"Kendati demikian hal tersebut tidak membawa perubahan bagi Yamaha, itu malah jadi ban Suzuki. Kami tak bisa menggunakan cengkraman di roda belakang," demikian keluhan Valentino Rossi perihal ban yang dipakai di motornya.

(bay/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com