detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 19 Nov 2020 20:45 WIB

Valentino Rossi, Inspirasi Terbesar Joan Mir

Bayu Baskoro - detikSport
Joan Mir, Valentino Rossi Joan Mir menyebut Valentino Rossi sebagai inspirasi terbesarnya. (Foto: Twitter @MotoGP)
Valencia -

Joan Mir mengungkapkan siapa sosok yang menginspirasinya di lintasan balap. Juara dunia MotoGP 2020 itu menyebut nama Valentino Rossi sebagai inspiratornya.

Mir mengunci gelar juara MotoGP 2020 usai finis ketujuh di MotoGP Valencia pekan lalu. Pebalap tim Suzuki Ecstar itu memimpin klasemen dengan 171 poin, unggul 29 angka dari Franco Morbidelli di posisi kedua, dengan balapan menyisakan MotoGP Portugal 2020.

Pencapaian Mir di musim ini terhitung oke. Pria 23 tahun itu berhasil meraih juara dunia MotoGP di musim keduanya menjajaki persaingan di kelas primer.

Tidak hanya itu, Joan Mir juga berhasil menjadi kampiun kelas utama hanya dalam waktu lima tahun sejak dirinya terjun di dunia balap motor. Rider Spanyol itu sebelumnya pernah menyabet gelar juara Moto3 di tahun 2017.

Sepanjang perjalanannya mengikuti balapan MotoGP, Mir mengaku belajar banyak dari rider-rider seniornya. Di antara para pebalap tersebut, sosok Valentino Rossi diakuinya sebagai inspirasi terbesarnya.

Melansir Tuttomotoriweb, Mir kerap mengamati bagaimana gaya balapan Rossi di lintasan. Tidak hanya itu, dia juga belajar bagaimana The Doctor selalu menghibur penggemar di setiap race yang diikutinya.

"Sosok yang paling saya amati untuk memahami bagaimana dia melakukan atau tidak melakukan sesuatu adalah dia [Rossi]. Karakternya juga paling cocok dengan saya," kata Mir, dikutip dari Tuttomotoriweb.

"Bukan berarti saya ingin terlihat seperti Valentino, tapi karena dia mungkin yang paling mirip dengan saya. Saya jelas tidak memiliki karakter Marquez," ujarnya.

Joan Mir sendiri berhasil menyamai prestasi Valentino Rossi yang sukses menjadi juara pada kelas utama di tahun kelimanya berkiprah di dunia balapan. Pebalap Monster Energy Yamaha itu pertama kali meraih gelar kampiun di MotoGP 2001 (dulu 500cc), atau tepat lima tahun setelah debutnya di kejuaraan dunia pada 1996.

(bay/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com