detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 28 Nov 2020 10:52 WIB

Valentino Rossi-Diego Maradona: Kisah Saling Kagum Dua 'Tuhan'

Yanu Arifin - detikSport
valentino rossi diego maradona motogp san marino 2008 Valentino Rossi dan Diego Maradona di MotoGP San Marino 2008. (Foto: Twitter @ValeYellow46)
Jakarta -

Dua legenda pernah bersua dan saling mengagumi. Valentino Rossi dan Diego Maradona tahu sama tahu bagaimana menghormati yang terbaik.

Rossi dan Maradona adalah legenda di masing-masing olahraga yang digelutinya. Rossi menjadi salah satu pebalap terhebat, sementara Maradona adalah salah satu yang terbaik di sepakbola.

Keduanya pernah berjumpa. Maradona mengunjungi Rossi, saat balapan di MotoGP San Marino pada 31 Agustus 2008. Maradona terlihat mendatangi paddock Rossi, yang ketika itu masih membalap untuk Yamaha. Sebuah kecupan diberikan kepada tangan kanan Rossi sebelum race.

Maradona dikenal juga hobi nonton balapan. Dan idolanya adalah, tentu saja, Valentino Rossi, yang ketika itu masih berstatus juara dunia 6 kali MotoGP.

Maradona bahkan menjuluki Rossi sebagai 'Pergelangan Tangan Tuhan'. Julukan itu diberikan kepada The Doctor, seperti julukan Maradona sendiri yakni Si Tangan Tuhan, yang diberikan kepadanya ketika membuat gol dengan tangan di Piala Dunia 1986.

Setelah dikecup Maradona, Rossi pun melesat di Misano. Rossi memenangi race, usai Casey Stoner mengalami crash. Rider Italia itu finis pertama, di atas Jorge Lorenzo dan Toni Elias.

Di paddock, Maradona kemudian kembali mendatangi Rossi. Tim Yamaha pun bersorak-sorak menyambut kedua legenda bersua dengan akrab, dan yel-yel menyambut Maradona menggema di garasi tim Garpu Tala.


"Saya berbalik dan Diego Maradona sudah berada di depan saya. Dia mendekat dan saya membalas kecupan yang dia berikan ke tangan kanan saya di starting grid, tapi di kaki saya " kata Rossi, seperti dilansir Marca.

Ketika MotoGP kembali ke Argentina pada 2015, Rossi punya momen spesial untuk membalas Maradona. Sebuah kemenangan ia raih di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Rossi pun merayakannya dengan cara yang tak biasa. Ia mengenakan jersey sepakbola Argentina bernomor 10, dengan nama Maradona.

Pada Rabu (25/11/2020), Maradona meninggal dunia. Mantan pemain Boca Juniors, Barcelona, dan Napoli itu mengalami henti jantung, dan tutup usia di umur 60 tahun di Buenos Aires.

Rossi pun memberi penghormatan terakhirnya di media sosial. Pebalap 41 tahun itu mengucapkan selamat tinggal kepada Maradona.

"Ciao Diego. Penyihir sepakbola," cuit Rossi di Twitternya.

(yna/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com