detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 10 Des 2020 13:50 WIB

Kalender MotoGP 2021: Ceko Mungkin Mundur, Kans MotoGP Indonesia?

Kris Fathoni W - detikSport
BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 09: (L-R) Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT, Brad Binder of South Africa and Red Bull KTM Factory Racing  and Johann Zarco of France and Reale Avintia Racing celebrate on the podium  at the end of the MotoGP race during the MotoGP Of Czech Republic at Brno Circuit on August 09, 2020 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Podium MotoGP Ceko pada tahun ini. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Di kalender MotoGP 2021 tampaknya takkan ada seri Republik Ceko, yang dikabarkan terbentur dana. Apa ada imbasnya ke potensi MotoGP Indonesia?

Kota Brno di Ceko rutin menggelar seri kejuaraan dunia balap motor grand prix sejak 1987. Kota itu pun punya kaitan erat dengan olahraga balap motor, dengan Visordown mencatat rekam jejaknya sampai ke 1965 lampau.

Namun, permintaan Dorna agar venue balap di Brno harus dipoles lagi telah bikin keikutsertaannya sebagai salah satu tuan rumah MotoGP 2021 jadi tanda tanya.

Disebutkan lebih lanjut oleh Visordown, renovasi venue di Brno membutuhkan kisaran dana nyaris 3 juta euro. Terkait dana inilah ada ketidaksepahaman antara pemerintah setempat dan pengelola sirkuit, dan Dorna.

Ditambah lagi pandemi COVID-19 saat ini masih berlangsung sehingga masih ada tanda tanya pula apakah penggemar MotoGP bersedia datang untuk nonton langsung balapan. Tak cuma itu, situasi pandemi yang tidak pasti pun belum bisa bikin kehadiran penonton sudah dapat dipastikan di sirkuit MotoGP 2021 mendatang.

Saat kalender MotoGP 2021 diumumkan, keberadaan seri MotoGP Ceko masih belum bisa dipastikan. Pada awalnya pihak penyelenggara lokal masih ingin berusaha menggelar balapan, tapi kini rencana itu sudah tidak ada lagi.

Mundurnya Ceko sebagai tuan rumah MotoGP 2021 bisa berimbas positif ke Indonesia dan venue-venue lain yang saat ini masih berstatus cadangan. Sedari awal, Dorna menegaskan kehadiran reserve venue itu antara lain memang demi mengantisipasi situasi saat pandemi, secara khusus jika ada tuan rumah yang batal menggelar balapan.

Jika Brno pada prosesnya memang resmi mundur sebagai salah satu tuan rumah MotoGP 2021, artinya ada satu slot kosong dalam kejuaraan dunia tahun depan. MotoGP Indonesia, di atas kertas, punya peluang untuk masuk.

Hal itu sudah memenuhi satu unsur 'jika' dari Dorna, dalam membalas sebuah email detikSport berisikan pertanyaan mengenai status MotoGP Indonesia pada tahun depan.

The real situation is that Indonesia will only be able to enter the calendar in 2021 if they finish building the circuit and if there is an available date in case another GP is cancelled.

So it's a double "if" situation.

Dari dua 'jika' tersebut, mundurnya Ceko akan membuat satu slot di kalender MotoGP 2021 kini lowong. Tentu saja MotoGP Indonesia juga mesti bisa memenuhi satu 'jika' yang lain sebagai syarat dari Dorna yaitu menyelesaikan venue balapan. Baru setelah itu membahas potensi tanggal MotoGP Indonesia dalam kalender MotoGP 2021.

(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com