MotoGP 2021: Valentino Rossi Incar Hal Ini

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Rabu, 06 Jan 2021 19:30 WIB
MotoGP rider Valentino Rossi of Italy reacts at the end of the Portuguese Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Algarve International circuit near Portimao, Portugal, Sunday, Nov. 22, 2020. (AP Photo/Armando Franca)
Valentino Rossi bertekad memperbaiki performa kualifikasi. (Foto: AP/Armando Franca)
Jakarta -

Valentino Rossi menjalani musim yang mengecewakan di MotoGP 2020. Salah satu aspek yang bertekad ia perbaiki adalah kualifikasi.

Valentino Rossi menuntaskan musim 2020 di posisi 15 klasemen, hasil terburuknya sepanjang karier di MotoGP. Pebalap 41 tahun itu hanya sekali naik podium ketika finis ketiga di MotoGP Andalusia.

Satu hal yang diakuinya perlu diperbaiki adalah posisi start. Rossi hanya sekali start dari baris terdepan sepanjang 2020, yakni dari posisi tiga di MotoGP Catalunya.

Bahkan hanya empat kali pemilik enam titel juara dunia MotoGP tersebut menuntaskan kualifikasi lebih baik dari posisi 10.

"Saya harus banyak meningkatkan diri saya. Kami harus memperbaiki sejumlah area seperti kualifikasi, yang sekarang sangatlah penting," ungkap Valentino Rossi dikutip Crash.

Perhatian lainnya adalah pada penggarapan mesin dan teknis di pramusim. Yamaha disebutnya selalu kedodoran di paruh kedua musim dan hal itu sudah harus ditangani sejak jauh-jauh hari.

"Juga, kami akan berusaha keras seperti biasanya di Yamaha, untuk mencoba bekerja dengan bagus di musim dingin demi meningkatkan sejumlah area. Karena beberapa tahun terakhir dan juga tahun ini (2020), kami sempat tangguh di awal musim, tapi kesulitan di paruh kedua dibandingkan para kompetitor, sebab mereka mampu menangani semua hal baru di motor mereka," sambungnya.

"Dengan Yamaha, akhir musimnya tidak berjalan mudah. Jadi tahun depan akan jadi tantangan berat dan kami perlu tiba dalam kondisi siap dari balapan pertama," imbuh Valentino Rossi, yang tahun ini akan berkiprah di panji Petronas Yamaha SRT.

(raw/krs)