detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 26 Jan 2021 19:10 WIB

Dovizioso Tak Akan Gantikan Marquez di MotoGP 2021

Okdwitya Karina Sari - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 07: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team looks on in box during the qualifying for the MotoGP of Europe at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 07, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Andrea Dovizioso diklaim tidak akan menggantikan Marc Marquez di MotoGP 2021. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Andrea Dovizioso belum akan comeback dengan cepat. Pengamat top MotoGP Carlo Pernat mengungkapkan, Dovi tak akan menggantikan Marc Marquez di musim 2021.

Pebalap Italia itu muncul sebagai kandidat untuk mengisi kursi pebalap Repsol Honda yang ditinggalkan Marquez akibat cedera panjang. Seperti diketahui juara dunia delapan kali tersebut sudah absen sejak tahun lalu usai mengalami patah tulang lengan kanan sehingga butuh menjalani operasi sampai tiga kali.

Honda menunjuk test rider Stefan Bradl untuk menggantikan Marquez di sisa musim berduet dengan Alex Marquez. Namun, Bradl gagal membukukan hasil oke usai hanya lima kali finis di zona poin.

Di sisi lain Dovizioso sedang tidak memiliki tim setelah meninggalkan Ducati di akhir musim lalu. Pengalamannya bersama Honda di masa lalu membuat runner-up MotoGP tiga kali tersebut dipandang akan pas menjadi pengganti Marquez.

Namun demikian, ada sejumlah hal yang akan mengganjal potensi kerja sama Honda dengan Dovizioso. Pebalap berusia 34 tahun itu diyakini tidak akan mau menjadi sekadar pebalap freelance, yang artinya bisa didepak kapanpun setelah Marquez kembali.

Sejauh ini belum bisa dipastikan kapan Marc Marquez akan balapan lagi di MotoGP. Pernat mengatakan, Dovizioso tidak akan kembali ke lintasan balap kelas premier itu karena Bradl-lah yang akan menggantikan Marquez.

"Saya kira Marc tidak akan ada di awal kejuaraan. Akan bagus sekali kalau dia bisa kembali di pertengahan musim. Marquez butuh waktu untuk berlatih. Dia sudah tidak balapan selama setahun, dan dia tidak akan mengambil risiko. Dia hanya akan kembali ketika dia sudah 100 persen," kata Pernat kepada GPOne.

"Sekarang praktis resminya Stefan Bradl akan menggantikan Marc, dan ini betul-betul menghabisi kesempatan melihat Dovizioso di atas lintasan. Pada hari ini, saya mengatakan bahwa kita tidak akan menyaksikan Andrea di lintasan pada musim ini."

"Bahkan Santi Hernandez, kru teknik Marc, bilang bahwa dia sangat gembira dengan Stefan. Ini juga membuat Anda menyadari tentang apa yang akan terjadi," terang Pernat tentang spekulasi Dovizioso-Marquez di MotoGP 2021.

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com