detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 04 Feb 2021 20:15 WIB

Joan Mir: Marc Marquez Favorit Juara MotoGP 2021 kalau ...

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
LE MANS, FRANCE - OCTOBER 08: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR speaks during the press conference pre-event during the MotoGP of France: Previews at Circuit Bugatti on October 08, 2020 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Joan Mir menyebut Marc Marquez sebagai favorit juara MotoGP 2021 kalau rider Repsol Honda itu fit 100% (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Joan Mir akan menjalani MotoGP 2021 dengan status sebagai juara bertahan. Meski demikian, rider Suzuki Ecstar itu menyebut Marc Marquez sebagai favorit.

Joan Mir tampil sebagai juara MotoGP 2020 lalu. Rider asal Spanyol itu mengungguli rival-rivalnya seperti Franco Morbidelli, Alex Rins, sampai Andrea Dovizioso.

Di sepanjang musim MotoGP 2020, Joan Mir memang cuma satu kali jadi juara. Namun, dia konsisten naik podium dengan tujuh kali finis di tiga besar.

Meski demikian, Joan Mir tak menganggap dirinya sebagai favorit juara MotoGP 2021. Menurutnya, Marc Marquez masih jadi pebalap yang paling diunggulkan.

"Benar bahwa kalau Marc juara tahun depan, dia adalah favoritnya. Tahun ini dalam hati saya yang harus dikalahkan, tapi mungkin saya bukan favorit," ujar Mir seperti dilansir Crash.

"Saya harus lebih unjuk gigi untuk jadi favorit. Benar kalau tahun kemarin kami juara tidak karena kecepatan, tapi konsistensi dan lebih pintar."

"Saya juga berpikir margin kecepatan yang harus saya tingkatkan mungkin (lebih besar) daripada yang lain yang lebih berpengalaman. Jadi di atas kertas kami punya alat yang bagus untuk mempertahankan gelar, tapi saya tidak merasa saya akan jadi favorit. Saya jadi yang harus dikalahkan tapi bukan favorit."

Marc Marquez melewatkan sebagian besar MotoGP 2020 lalu karena cedera pada lengan kanan. Cedera tersebut membuat rider Repsol Honda itu harus menjalani operasi.

Hingga kini, Marquez masih menjalani pemulihan dan belum kembali menunggangi motornya. Dia pun diragukan bakal bisa kembali tepat waktu untuk tampil di seri perdana MotoGP 2021 di Losail, Qatar, pada 28 Maret.

"Buat saya, favoritnya adalah Marc, kalau dia kembali dalam kondisi 100%. Dia adalah favoritnya. Dia lebih berpengalaman daripada saya, lebih banyak gelar, lebih cepat, dan dia adalah incaran," lanjut Mir.

"Kalau Anda menyingkirkan Marc, saya tidak melihat ada favorit lainnya. Mungkin saya dalam hal ini. Tapi kalau ada Marc di lintasan, maka favoritnya Marc," kata Joan Mir.

Tonton juga Video: Marc Marquez Operasi Lagi!

[Gambas:Video 20detik]



(nds/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com