Usai Valentino Rossi-Franco Morbidelli, Joan Mir-Alex Rins Berikutnya

Kris Fathoni W - Sport
Selasa, 02 Mar 2021 16:10 WIB
Jakarta -

Valentino Rossi-Franco Morbidelli baru saja pamer tunggangan barunya. Berikutnya giliran Joan Mir-Alex Rins dalam jadwal peluncuran tim MotoGP 2021.

Nyaris seluruh tim MotoGP 2021 sudah memperkenalkan line-up rider beserta tunggangan mereka untuk musim balap kali ini. Yang paling anyar adalah Valentino Rossi-Franco Morbidelli yang memperkuat panji Petronas Yamaha SRT.

Itu berarti sudah ada sembilan tim MotoGP yang memperkenalkan timnya. Merangkum MotoGP.com dan the-race.com, sesi peluncuran itu diawali oleh tim Avintia Esponsorama Racing Team di Andora, 5 Februari. Ada Enea Bastianini dan Luca Marini.

Berikutnya, pada tanggal 9 Februari di Bologna, ada Jack Miller dan Francesco Bagnaia yang jadi lakon utama acara peluncuran tim pabrikan Ducati.

Di tanggal 12 Februari, giliran Red Bull KTM Factory Racing (Brad Binder, Miguel Oliveira) dan Tech3 KTM Factory Racing (Danilo Petrucci, Iker Lecuona) yang memperkenalkan timnya masing-masing.

Setelah itu giliran tim pabrikan Monster Energy Yamaha. Ada Fabio Quartararo pamer tunggangan barunya, bersama Maverick Vinales dalam acara peluncuran di tanggal 15 Februari.

LCR Honda Castrol dan Idemitsu kemudian memperkenalkan tunggangan Alex Marquez dan Takaaki Nakagami di MotoGP 2021 dalam acara peluncuran di Cervera pada tanggal 19 dan 20 Februari.

Dalam hitungan hari, ada tim Repsol Honda yang memamerkan motor Marc Marquez dan Pol Espargaro dalam gelaran MotoGP tahun ini pada peluncuran di tanggal 22 Februari.

Di tanggal 25 Februari, giliran Pramac Ducati meluncurkan timnya yang diperkuat oleh Johann Zarco dan Jorge Martin. Disusul kemudian Petronas Yamaha SRT dengan Franco Morbidelli dan Valentino Rossi di awal Maret.

Menjelang gelaran MotoGP 2021, kini tinggal dua tim yang masih belum meluncurkan timnya yakni Tim Suzuki Ecstar dan Aprilia Racing Team Gresini. Secara khusus, perhatian akan tercurah ke Suzuki yang diperkuat Joan Mir sang juara dunia dan Alex Rins, yang musim lalu finis ketiga.

Jadwal peluncuran tim MotoGP 2021:

1. Avintia Esponsorama/VR46 Ducati: Luca Marini, Enea Bastianini (5 Februari)
2. Ducati: Jack Miller, Francesco Bagnaia (9 Februari)
3. KTM: Brad Binder, Miguel Oliveira (12 Februari)
4. Tech3 KTM: Danilo Petrucci, Iker Lecuona (12 Februari)
5. Yamaha: Maverick Vinales, Fabio Quartararo (15 Februari)
6. LCR Honda: Takaaki Nakagami, Alex Marquez (19 & 20 Februari)
7. Honda: Pol Espargaro, Marc Marquez (22 Februari)
8. Pramac Ducati: Johann Zarco, Jorge Martin (25 Februari)
9. Petronas Yamaha SRT: Franco Morbidelli, Valentino Rossi (1 Maret)
10. Suzuki: Joan Mir, Alex Rins (6 Maret)
11. Aprilia: Aleix Espargaro, Lorenzo Savadori (TBA)

(krs/pur)