Gaet Aramco, Tim Balap Valentino Rossi Bakal Ngegas Di MotoGP 2022

Adhi Prasetya - Sport
Kamis, 29 Apr 2021 07:00 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 27: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT celebrates the Indipendent team Pole position  at the end of the qualifying practice during the MotoGP of Qatar - Qualifying at Losail Circuit on March 27, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Rossi akan punya tim sendiri di MotoGP 2022. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi akan menurunkan tim sendiri di MotoGP 2022. Racing Team VR46 miliknya mendapat sokongan penuh dari perusahaan minyak asal Arab Saudi, Aramco.

Dilaporkan Autosport, Aramco akan menjadi sponsor utama VR46 selama 5 tahun, mulai tahun 2022 hingga 2026. Kesepakatan ini diumumkan pada Rabu (28/4) lewat Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan yang dipimpin Prince Abdulaziz bin Abdullah Al Suad.

Tak hanya itu, kerja sama dengan Aramco juga berlaku untuk VR46 yang turun di Moto2. VR46 juga diharapkan bisa mempromosikan proyek Saudi Vision 2030, program dari pemerintah Arab Saudi yang ingin mengurangi ketergantungan pendapatan lewat minyak bumi dan mengembangkan sektor ekonomi lain.

Aramco Racing Team VR46 rencananya akan mengisi slot milik Esponsorama Racing, yang akan menarik diri dari MotoGP mulai musim depan. Namun belum tentu VR46 akan memakai motor Ducati, seperti yang dipakai Esponsorama selama ini.

Sejauh ini, belum ada kepastian mengenai pabrikan mana yang akan memasok motor VR46. Suzuki dikabarkan menjadi preferensi utama, namun pabrikan yang berbasis di Hamamatsu itu belum memberi penegasan apakah hendak menggandeng tim satelit atau tidak.

Hadirnya Racing Team VR46 juga tak serta-merta menjadikan masa depan Rossi di MotoGP jadi lebih jelas. Sejauh ini belum diketahui langkah apa yang akan diambil Rossi. Memilih pensiun, lanjut di Petronas Yamaha SRT, atau turun bersama tim VR46.

Di MotoGP 2021, Luca Marini yang membela Esponsorama Racing sebetulnya sudah mendapat sokongan dari Racing Team VR46. Namun mulai musim depan, mereka akan tampil dengan bendera sendiri.

Mengingat Marini dikontrak dengan Ducati, besar kemungkinan VR46 akan tampil dengan duet baru jika tak memilih bekerja sama dengan pabrikan Italia itu.

DOHA, QATAR - MARCH 26: Luca Marini of Italy and SKY VR46 Esponsorama heads down a straight during the MotoGP of Qatar - Free Practice at Losail Circuit on March 26, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Luca Marini di MotoGP 2021. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Simak video 'Sudah 3 Seri MotoGP, Valentino Rossi Masih Belum Bertaji':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/mrp)