Baju Balapnya Terbuka, Fabio Quartararo Harusnya Didiskualifikasi

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 06 Jun 2021 21:45 WIB
Jakarta -

Rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami insiden baju balap terbuka di MotoGP Catalunya 2021. Dia disebut layak untuk didiskualifikasi.

Di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Barcelona, Minggu (6/6/2021), Quartarao mengalami insiden baju balapnya terbuka. Momen itu terjadi saat balapan menyisakan 3 putaran.

Dalam sebuah tayangan ulang, terlihat ada yang jatuh saat Quartararo mencoba mempertahankan posisi ketiga dari kejaran rider Ducati, Jack Miller.

Pertarungan dengan Miller juga yang mengakibatkan Quartararo harus mendapatkan tambahan penalti waktu karena memotong jalur.

Dari kamera on board pada motornya, tampak baju balap Quartararo tak tertutup. Dia harus menarik resleting saat balapan usai.

Eks juara dunia, Casey Stoner, mengungkapkan pendapatnya atas insiden Quartararo ini. Pria asal Australia itu menilai Quartararo pantas mendapat bendera hitam alias didiskualifikasi.

"Apakah ya atau tidak, Fabio Quartararo sudah membuka resletingnya dengan sengaja, saya yakin itu seharusnya diberi bendera hitam," kata Stoner di akun Twitter pribadinya.

"Di level ini, anda tak boleh diizinkan membalap dengan kecepatan 350 km+ dengan baju kulit anda terbuka," kata dia menambahkan.

Di klasemen MotoGP 2021, Quartararo masih memimpin. Dia sudah mengumpulkan 118 angka, berjarak 17 poin dari Johann Zarco yang ada di posisi kedua dengan kumpulan 101 poin. Andai Quartararo didiskualifikasi, jarak dua rider Prancis itu tinggal sejauh 4 poin.

(cas/nds)