MotoGP Catalunya: Soal Insiden Baju Balap, Ini Pembelaan Quartararo

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 07 Jun 2021 05:30 WIB
Barcelona -

Ritsleting baju balap Fabio Quartararo terbuka di tengah balapan MotoGP Catalunya 2021. Ini tanggapan rider Prancis tersebut.

Insiden tersebut terjadi saat balapan tersisa lima lap lagi. Menurut aturan FIM, baju balap harus terpasang sepenuhnya sepanjang lomba berlangsung tanpa terkecuali, demi keselamatan sang rider.

Namun menurut Quartararo, ritsleting bajunya terbuka tanpa sengaja. Ia sudah mencoba memasangnya kembali, namun tak berhasil.

"Aku tak tahu apa yang terjadi. Aku hanya menyadari bahwa bajuku sudah terbuka di tikungan pertama saat saat balapan tersisa lima lap," ujar Quartararo kepada Autosport.

"Aku mencoba menariknya lagi ke atas, tapi tak bisa. Sangat sulit membalap dengan keadaan begitu, namun sayangnya itulah yang terjadi."

"Itu yang terjadi hari ini, jadi sekarang Alpinestars (produsen baju balap yang dipakai Quartararo) sedang mengecek mengapa itu bisa terjadi, sebab ketika sudah selesai, ritsleting-nya bisa ditutup lagi," jelas pebalap Yamaha itu.

Quartararo akhirnya dihukum akibat insiden tersebut. Ia mendapat penalti tiga detik, membuat posisi finisnya melorot dari urutan keempat menjadi keenam.

Sebelumnya, ia sudah kena penalti tiga detik karena pelanggaran batas trek, yang membuatnya gagal podium kali ini. Itu artinya, ia mendapat hukuman total 6 detik di balapan MotoGP Catalunya 2021.



(adp/nds)