Marc Marquez di MotoGP 2021: 5 Balapan, 3 Kali Crash

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 06 Jun 2021 21:20 WIB
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez (L) and Repsol Honda Teams Spanish rider Pol Espargaro ride during the MotoGP race of the Spanish Grand Prix at the Jerez Circuit in Jerez de la Frontera on May 2, 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Rider Honda, Marc Marquez, belum bisa maksimal di MotoGP 2021, 5 balapan 3 kali crash. (Foto: AFP/Pierre-Philippe Marcou)
Jakarta -

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, belum memperoleh hasil maksimal di MotoGP 2021. Dalam 5 kali balapan, Baby Alien 3 kali crash.

Saat membalap di MotoGP Catalunya, Minggu (6/6/2021), Marc Marquez sempat menunjukkan performa yang sip. Start dari posisi ke-13 dalam balapan di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Barcelona, dia sempat merangsek ke posisi keenam.

Tikungan 10 di Montmelo menjadi lokasi di mana Marc Marquez terjatuh saat balapan menyisakan 16 putaran. Dia kehilangan grip hingga harus menerima nasib gagal finis untuk ketiga kalinya berurutan.

Sebelum ini, Marc Marquez juga crash di MotoGP Italia. Rider 28 tahun itu terjatuh di tikungan ketiga.

Marc Marquez, yang meluncur di aspal, selamat dari laju kendaraan di belakangnya. Motornya nyaris mengenai Franco Morbidelli yang sampai harus melebar dari lintasan. Saat itu, balapan masih menyisakan 22 lap.

Lebih menyesakkan lagi di MotoGP Prancis. Marc Marquez terjatuh saat menjadi leader balapan di sirkuit Le Mans. Dia juga kehilangan grip.

Marc Marquez memang sudah menyelesaikan pemulihan cederanya. Tapi, dia mengakui kalau performanya masih belum bisa pulih karena lama tak membalap. Di MotoGP 2020, Marc Marquez absen dalam 13 balapan.

"Saya tak bisa mengemudi di level saya saat ini, tapi saya belum kehilangan kecepatan dasar dan semangat juang saya. Namun, saya tahu bahwa saya telah kehilangan sedikit performa saya," kata Marquez di Sports Week beberapa waktu lalu.

"Di Portimao dan Jerez, saya bekerja keras untuk menyesuaikan motor dengan gaya berkendara saya. Saya telah menguji berbagai pengaturan dan posisi duduk, tapi upaya tersebut tidak berhasil dengan benar. Saya biasanya memiliki perasaan yang baik saat belokan kiri, tetapi saya memiliki beberapa masalah di belokan kanan," kata dia lagi.

Dengan hasil-hasil buruk ini, Marc Marquez pun tercecer di papan bawah klasemen MotoGP 2021. Dia baru bisa mengumpulkan 16 angka, ada di peringkat ke-18.



Simak Video "Helm Marquez Bersaudara Dijajakan di IIMS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/pur)