MotoGP Belanda: Vinales Dihukum Start yang Buruk

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 27 Jun 2021 23:00 WIB
Yamaha rider Maverick Vinales of Spain waves after the MotoGP race at the Dutch Grand Prix in Assen, northern Netherlands, Sunday, June 27, 2021. (AP Photo/Peter Dejong)
Maverick Vinales finis kedua di MotoGP Belanda 2021. (Foto: AP/Peter Dejong)
Assen -

Maverick Vinales sempat tercecer sebelum akhirnya mampu finis kedua di MotoGP Belanda 2021. Vinales mengaku dihukum oleh start yang buruk.

Pebalap Monster Energy Yamaha itu memulai balapan di Sirkuit Assen, Minggu (27/6/2021) dari posisi terdepan. Vinales menjadi satu-satunya pebalap di grid yang memilih ban depan lunak, dengan ban belakang medium. Sementara sebagian pebalap lain memakai ban belakang keras termasuk Fabio Quartararo.

Setelah lampu hijau tanda balapan dimulai, Vinales malah melorot ke posisi keempat sedangkan Quartararo mengambil alih posisi terdepan. Pebalap Prancis itu sempat mendapatkan perlawanan dari Pecco Bagnaia tapi semakin lama semakin nyaman memimpin sebelum tampil sebagai pemenang MotoGP Belanda.

Sementara itu Vinales terbantu dengan long lap penalty yang diterima Bagnaia. Mantan rider Suzuki itu akhirnya mampu menyalip Takaaki Nakagami untuk merebut posisi kedua, yang dipertahankan sampai akhir balapan. Sekalipun Vinales berjarak 2,7 detik dari rekan setimnya, Quartararo.

Ini adalah podium pertama bagi Maverick Vinales sejak memenangi seri pertama MotoGP 2021 di Qatar. Hasil ini sekaligus menandai kebangkitan Vinales usai finis ke-19 di Sachsenring, sepekan lalu.

"Saat start, aku tidak tahu mengapa koplingnya terbakar, kemudian mustahil bisa melewati [Takaaki] Nakagami," ungkap Vinales di Motorsport. "Lalu aku tidak punya apapun lagi di akhir untuk mengejar Fabio."

"Tadi itu bukan sebuah balapan yang buruk, hanya saja saat di belakang pebalap-pebalap lain ban depanku kempes tapi itu bukan alasan. Aku memilih ban lunak di depan karena aku sudah tahu bahwa aku punya kecepatan yang sangat bagus untuk paruh kedua balapan. Kupikir aku bisa melakukan yang lebih, tapi faktanya aku tidak memiliki apa yang kupunya pada kemarin."

"Ini adalah akhir pekan yang bagus, namun menyalip Nakagami dan Pecco [Bagnaia] itu sulit, terutama Taka. Aku sempat tertinggal 0,5 detik di belakang dia," sambung rider Spanyol ini.

"Start menghukumku, tapi di lintasan lurus aku tidak bisa memperbaiki posisiku. Penting untuk pulang dengan sebuah podium," simpul Vinales usai balapan MotoGP Belanda.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/ran)