Valentino Rossi tentang Balapan Terakhirnya di MotoGP

Okdwitya Karina Sari - Sport
Selasa, 24 Agu 2021 20:50 WIB
Yamaha-SRT Italian rider Valentino Rossi (R) steers his motorbike during the third free practice session ahead of the Austrian Motorcycle Grand Prix at the Red Bull Ring race track in Spielberg, Austria on August 14, 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)
Valentino Rossi mengaku akan emosional di balapan terakhirnya sebelum pensiun. (Foto: AFP/JOE KLAMAR)
Tavullia -

Pebalap legendaris Valentino Rossi akan pensiun di akhir MotoGP 2021. Rossi mengaku akan emosional di balapan terakhirnya di Valencia nanti.

MotoGP Valencia 2021 dijadwalkan pada 14 November mendatang. Balapan itu sekaligus akan menutup karier Rossi di kejuaraan dunia balap motor selama 26 tahun.

Di sepanjang kariernya, the Doctor pernah menunggangi tiga motor yang berbeda; Honda, Yamaha, dan Ducati. Pebalap Italia berusia 42 tahun itu telah mengantongi sembilan titel juara dunia, termasuk tujuh gelar di kelas premier.

"Hari itu akan menyedihkan, aku bahkan tidak sanggup memikirkan momen ketika aku turun dari motor untuk terakhir kalinya dan di garasi aku akan memeluk para mekanik, insinyur, dan teknisiku. Itu membuatku panas dingin," ucap Rossi kepada La Republicca, yang dikutip Motosan.

"Tidak akan ada pertunjukkan di Valencia. Kupikir tidak sih, setidaknya begitu. Sekalipun akan ada banyak teman yang akan datang, tentu saja, dan mungkin kami bisa bersenang-senang."

Persoalan kapan Rossi akan pensiun sesungguhnya sudah mencuat sejak beberapa musim yang lalu. Terlebih karena performa Rossi menurun, sebelum akhirnya mengumumkan keputusan gantung helm jelang balapan di Styria pad awal bulan ini.

"Aku sudah memikirkan soal itu dalam waktu yang lama dan pada akhirnya itu harus terjadi. Aku tida lagi bisa berjuang untuk menang, naik podium, atau setidaknya finis dengan rombongan terdepan. Aku sedih dan akhirnya aku paham bahwa waktunya sudah tiba," sambung dia.

"Aku selalu jujur dengan diriku sendri. Aku mencoba, sungguh aku sudah berjuang. Aku berharap bisa mengubah banyak hal, tapi sekarang aku merasa tenteram karena aku tahu bahwa aku sudah memberikan segalanya dan hal itu membuatku tenang. Aku sekarang bisa menarik napas dalam-dalam dan bilang ini baik-baik saja meskipun ini sudah selesai," ujar Valentino Rossi.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/aff)