MotoGP Inggris 2021: Akankah Ada Pemenang Baru Lagi?

Novitasari Dewi Salusi - Sport
Rabu, 25 Agu 2021 20:50 WIB
Jakarta -

Enam balapan terakhir MotoGP Inggris di Silverstone selalu memunculkan pemenang yang berbeda. Akankah tren tersebut berlanjut akhir pekan ini?

Balapan MotoGP Inggris 2021 akan digelar di Sirkuit Silverstone, Minggu (29/8/2021). Menilik enam balapan terakhir di sana, enam pebalap berbeda keluar sebagai juara.

Laju ini dimulai di MotoGP 2013. Pebalap Yamaha Jorge Lorenzo keluar sebagai juara MotoGP Inggris usai unggul tipis atas Marc Marquez yang kala itu masih berstatus rookie.

Setahun kemudian, giliran Marc Marquez yang mengungguli Jorge Lorenzo untuk naik podium tertinggi di MotoGP Inggris. Sampai saat ini, itu jadi satu-satunya kemenangan Marquez di Silverstone di kelas premier.

Pada MotoGP Inggris musim 2015, Valentino Rossi yang keluar sebagai juara. Dalam balapan basah itu, Rossi mengungguli Danilo Petrucci, Andrea Dovizioso, dan Marc Marquez untuk meraih kemenangan keempatnya musim itu.

Maverick Vinales yang masih memperkuat Suzuki kemudian jadi pemenang di MotoGP Inggris 2016. Itu jadi kemenangan perdana Vinales di MotoGP.

Sementara itu, podium teratas di MotoGP Inggris 2017 direbut oleh Andrea Dovizioso. Rider Ducati itu mengatasi perlawanan Vinales, Rossi, dan Cal Crutchlow untuk meraih kemenangan.

Setelah dibatalkan karena cuaca buruk pada 2018, MotoGP Inggris kembali di musim 2019. Juara baru lagi-lagi muncul menyusul keberhasilan Alex Rins memenangi balapan dengan keunggulan hanya 0,013 detik atas Marquez.

Balapan MotoGP Inggris tahun lalu tidak digelar karena pandemi virus corona. Tahun ini, di antara enam pebalap juara sebelumnya, hanya Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Alex Rins yang masih berkompetisi.

(nds/yna)