Cal Crutchlow Ungkap Problem Serius Yamaha di Silverstone

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Selasa, 31 Agu 2021 18:10 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 27: Cal Crutchlow of Great Britain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team heads down a straight during the MotoGP of Great Britain - Free Practice at Silverstone Circuit on August 27, 2021 in Northampton, England. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Cal Crutchlow ungkap problem Yamaha di MotoGP Inggris. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Cal Crutchlow mengungkap sejumlah masalah yang dihadapi para pebalap Yamaha di MotoGP Inggris. Salah satunya bikin ia ngeri!

Cal Crutchlow harus puas finis di posisi 17 pada MotoGP Inggris di sirkuit Silverstone, Minggu (29/8/2021) malam WIB lalu. Ia finis di depan dua penunggang Yamaha lainnya, yakni Valentino Rossi dan Jake Dixon, yang memperkuat Petronas SRT.

Tapi selain tiga rider ini, pebalap andalan Yamaha Fabio Quartararo memenangi seri. Quartararo bahkan finis lebih dari 2,5 detik di depan Alex Rins yang jadi runner-up.

Tapi itu tak menghilangkan masalah yang dihadapai Yamaha. Cal Cruthlow mengungkap bahwa problem besarnya adalah traksi ban yang buruk dan motor yang tak stabil ketika terkena hempasan angin pebalap lain.

Dua persoalan ini turut memicu sulitnya pengereman, yang tentu saja menambah masalah buat pebalap.

"Angin dari motor lain bikin motor kami goyang. Kalau Anda melihat, motornya Fabio (Quartararo) juga tidak stabil. Kami perlu mencari tahu kenapa motor lainnya stabil. Ducati, Suzuki, dan Aprilia enggak goyang," ungkap rider yang sebelumnya berstatus pebalap penguji Yamaha ini.

"Punya saya jauh lebih goyang, tapi kami tidak paham sebabnya. Saya kehilangan banyak waktu di area, itu, kemudian saat ban belakang menurun traksinya, motor lebih goyang lagi. Tidak peduli setelan mesinnya."

"Itu adalah balapan yang panjang dan terkadang terasa menyeramkan, kalau Anda masuk ke tikungan 2 tempat di mana Marc jauh di lain hari dan motornya bergoyang dari kiri ke kanan hingga Anda tak bisa mengerem," imbuh pengganti sementara Maverick Vinales tersebut dikutip Crash.



Simak Video "Berubah Total! Intip Modifikasi Yamaha Xmax 250 Jadi Cafe Racer"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/krs)