Canda Rossi: Saya Bayar yang Mau Kasih Podium ke-200!

Adhi Prasetya - Sport
Sabtu, 13 Nov 2021 16:15 WIB
LAGOA, ALGARVE, PORTUGAL - NOVEMBER 05: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT rounds the bend during the MotoGP Of Portugal - Free Practice  on November 05, 2021 in Lagoa, Algarve, Faro. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
MotoGP Valencia jadi balapan terakhir Rossi sebelum pensiun. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Valencia -

Valentino Rossi sudah meraih 199 podium selama kariernya di balapan kelas premier. Jelang balapan terakhirnya, The Doctor pun berseloroh akan membayar siapapun yang bersedia memberinya jalan untuk mendapat podium ke-200 di MotoGP Valencia.

Di usia yang semakin bertambah, semakin banyak pula para rider yang lebih muda dan energik hadir 'mengganggu' Rossi. Tak bisa dipungkiri, kansnya naik podium semakin menurun dari tahun ke tahun.

Kemenangan terakhirnya diraih pada MotoGP Belanda 2017. Sementara podium terakhirnya diraih saat finis ketiga di MotoGP Andalusia 2020. Itu adalah podium ke-199 selama tampil di kelas 500cc/MotoGP.

Keinginan menyentuh angka 200 tentu ada, namun nyatanya performa Rossi di trek jauh dari harapan. Selepas crash di tiga seri beruntun pada musim lalu dan juga sempat terinfeksi COVID-19, performa Rossi tak lagi sama. Finis 10 besar sudah jadi barang mewah baginya.

Di MotoGP 2021 yang jadi musim terakhirnya sebelum pensiun, ia baru sekali finis di atas peringkat 10, yakni saat menempati posisi 8 dalam guyuran hujan MotoGP Austria. Bisa dibilang, peluang meraih podium ke-200 nyaris tak ada, kalau tak mau dibilang mustahil.

Oleh sebab itu, Rossi berseloroh bahwa ia bersedia memberikan hadiah bagi siapapun di trek yang bersedia membuka jalan untuknya agar bisa finis di depan pada MotoGP Valencia, Minggu (14/11) besok.

"Sayangnya, aku pikir hal itu mustahil, tapi jika mereka mau memberi posisi podium untukku, maka aku akan sangat senang, karena itu adalah yang ke-200, jadi memang penting," ujar Rossi kemudian tersenyum, seperti dikutip Crash.

"Saya bisa membayar mereka, atau mungkin kami bisa berpesta bersama atas raihan podium itu, dan saya yang membayar semuanya. Tapi rasanya itu tak akan terjadi!" jelas rider 42 tahun itu.

MotoGP Valencia, yang menjadi balapan terakhir Valentino Rossi di MotoGP, akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo pada Minggu besok pukul 20.00 WIB, dan bisa disaksikan di Trans 7 dan live streaming di detikSport.

(adp/aff)