ITDC: MotoGP Lancar, Jadi Kesuksesan Bersama Seluruh Indonesia

Lucas Aditya - Sport
Senin, 21 Mar 2022 18:30 WIB
Portugals Miguel Aliveira of Red Bull KTM Factory Racing, left, leads Australian rider Jack Miller of Ducati Lenovo team, center, French rider Fabio Quartararo of Monster Energy Yamaha MotoGP, right, during Moto GP Pertamina Grand Prix of Indonesia at the Pertamina Mandalika Circuit in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Sunday, March 20, 2022.(AP Photo/Achmad Ibrahim)
MotoGP Mandalika sukses, ITDC ucapkan terima kasih. (Foto: AP/Achmad Ibrahim)
Jakarta -

Pertamina Grand Prix of Indonesia sudah sukses digelar. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyebutnya ajang itu berjalan lancar dan jadi keberhasilan seluruh bangsa Indonesia.

Race di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret sudah menelurkan pemenang. Miguel Oliveira yang terbaik di kelas MotoGP, Somkiat Chantra pemenang kelas Moto2, dan Dennis Foggia yang merebut gelar juara 1 di Moto3.

Perjalanan panjang dilalui untuk menggelar Pertamina Grand Prix of Indonesia. Publil tanah air mesti menunggu 25 tahun agar MotoGP kembali ke Indonesia.

Dari penunjukkan hingga akhirnya MotoGP digelar di Lombok, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mesti menjalani waktu 3 tahun. Sebenarnya, MotoGP Indonesia digelar pada 2021. Tapi, karena sirkuit belum kelar, balapan pun diputuskan ke MotoGP 2022.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan hingga Pertamina Grand Prix of Indonesia bisa terselenggara. Presiden RI, Joko Widodo, tak lupa disebut.

"Sukses penyelenggaraan MotoGP 2022 adalah sukses bersama. Dengan rencana penyelenggaraan
MotoGP-WSBK selama 10 tahun di Indonesia, kami berharap kolaborasi yang telah terjalin selama ini akan terus berlanjut ke depan," kata Abdulbar dalam rilis yang diterima oleh detikSport.

"Sukses penyelenggaraan MotoGP 2022 adalah sukses bersama. Dengan rencana penyelenggaraan
MotoGP-WSBK selama 10 tahun di Indonesia, kami berharap kolaborasi yang telah terjalin selama ini akan terus berlanjut ke depan," kata dia menambahkan.

Pada penyelenggaraan pertama MotoGP di Indonesia, masih ada beberapa kekurangan. Salah satunya soal shuttle bus dari sirkuit ke parkir sentral yang kurang. Beredar di media sosial, para penonton --yang sudah membayar tiket mahal-- terlantar dan harus berjalan jauh.

Lihat Video: Anies Pamer Jadi Rebutan Selfie di Mandalika, Ini Komentar Pengamat

[Gambas:Video 20detik]



(cas/krs)