Francesco Bagnaia Juarai MotoGP Spanyol!

Afif Farhan - Sport
Minggu, 01 Mei 2022 19:42 WIB
LAGOA, ALGARVE, PORTUGAL - APRIL 24: Francesco Bagnaia of Italy and Ducati Lenovo Team rounds the bend  during the MotoGp race during the MotoGP Of Portugal - Race at Autodromo do Algarve on April 24, 2022 in Lagoa, Algarve, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Foto: (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

MotoGP Spanyol tersaji di Sirkuit Jerez pada Minggu (1/5) malam WIB. Rider Ducati, Francesco Bagnaia jadi juaranya!

Di Sirkuit Jerez, Minggu (1/5/2022) malam WIB, MotoGP Spanyol berlangsung. Balapan start pada pukul 19.00 WIB.

Di garis terdepan ada Francesco Bagnaia yang diikuti Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro. Sirkuit Jerez sendiri punya panjang 4,4 km dengan total jarak 110,6 km.

Cuaca cerah memayungi sirkuitnya. Balapan dimulai! Francesco Bagnaia konsisten di garis terdepan dan tidak ada banyak perubahan di garis terdepan.

Di putaran pertama, Marc Marquez naik ke posisi keempat menyalip Aliex Espargaro. Sayang buat Jorge Martin, dirinya terjatuh saat menikung.

Fabio Quartararo terus menempel Bagnaia. Tampaknya, Quartararo coba main aman untuk tidak lakukan improvisasi di awal-awal. Jack Miller di tempat ketiga juga terus menempel dengan selisih tak lebih 0,8 detik.

Di putaran kelima, Francesco Bagnaia terus memimpin sampai selisih 1,8 detik dengan Quartararo. Yellow flag dikibarkan, Darryn Binder terjatuh di sector 1.

Di putaran ketujuh, Bagnaia dan Quartararo terus memimpin. Mereka meninggalkan Jack Miller dan Marc Marquez dengan selisih 2,8 detik.

Di putaran kedelapan, Bagnaia dan Quartararo sulit terkejar dengan Miller dan Marquez. Selisihnya sampai angka 3,2 detik!

Apes buat Alex Rins, dirinya keluar dari lintasan di tikungan ke-12. Johann Zarco juga terjatuh hingga yellow flag berkibar di sector 2.

Masuk putaran 10, selisih waktu sampai 4 detik! Bagnaia dan Quartararo terus berada di depan sedangkan Miller terus dibayangi oleh Marquez dan disusul oleh Aleix Espargaro.

Miller tampak menahan laju dua rider di belakangnya. Apakah itu jadi strategi dari Ducati untuk memberi Bagnaia rasa nyaman?

Putaran ke-14, Fabio Quartararo menempel Francesco Bagnaia dengan selisih 0,6 detik. El Diablo tampak mulai ancang-ancang menyalip Peco!

Bagnaia terus berada di depan, yang sulit terkejar oleh Quartararo. Lima lap terakhir, selisih waktunya konsisten di angka 0,6-0,8 detik.

Lima putaran terakhir, Marc Marquez akhirnya menyalip Jack Miller. Marquez mengambil sudut luar untuk menyalipnya dan terus memberikan tekanan.

Empat putaran terakhir, Aleix Espargaro mampu menyalip Miller dan Marquez! Dirinya memanfaatkan duel dua rider di depannya dan mengambil momentum untuk menyalip di sudut dalam ketika Marquez terlihat seperti akan jatuh.

Masuki lap terakhir, Bagnaia terus nyaman di depan. Quartararo sudah berusaha menutup jarak sampai 0,3 detik tapi tidak terkejar juga.

Peco keluar sebagai juara MotoGP Spanyol, disusul Quartararo di tempat kedua dan Aleix Espargaro di tempat ketiga. Marquez di nomor keempat setelah menyalip Miller.

(aff/cas)