MotoGP Prancis 2022: Bastianini Curi Perhatian di Le Mans

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 15 Mei 2022 20:10 WIB
Enea Bastianini
Enea Bastianini mencuri perhatian di MotoGP Prancis 2022. (Foto: dok.Federal Oil/A.Farinelli)
Jakarta -

Rider Gresini Racing, Enea Bastianini, menjadi juara di MotoGP Prancis 2022. Italiano itu start dari posisi kelima, bisa melesat sampai sejak awal lalu menjadi pemenang.

Saat race di sirkuit Le Mans, Minggu (15/5/2022) malam WIB, Bastinaini memenangi balapan sebanyak 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 34,613 detik. Kemenangan itu didapat dengan kesabaran.

Pebalap 24 tahun itu harus diasapi oleh Francesco Bagnaia hingga tujuh lap terakhir. Kesalahan Bagnaia saat melebar di tikungan dimanfaatkan Bastianini. Pecco bahkan kemudian jatuh di lap berikutnya.

Bastianini pun sukses meraih kemenangan ketiga dari tujuh balapan MotoGP 2022 yang digelar. Sebelum ini, dia menjadi juara di MotoGP Qatar dan MotoGP Amerika Serikat.

Dengan hasil ini, Bastianini kini ada di posisi ketiga klasemen MotoGP 2022 dengan raihan 94 poin. Dia berjarak empat angka dari Aleix Espargaro di posisi kedua. Fabio Quartararo masih menjadi yang teratas dengan raihan 102 poin usai menempati posisi keempat MotoGP Prancis 2022.

Jalannya Balapan

Jack Miller menjalani start bagus. Dari posisi kedua, dia mampu ke urutan pertama. Enea Bastianini melesat dari posisi kelima ke posisi kedua.

Lap pertama berakhir, Miller tetap terdepan. Menyusul kemudian Bagnaia, Alex Rins, dan Bastianini.

Alex Rins crash di sektor 1 pada tikungan keempat. Dia bisa melanjutkan balapan.

Bagnaia bisa melewati Miller saat balapan menyisakan 24 putaran. Di tikungan 7, Miller sedikit membuka sudut tikungan.Bagnaia melihat celah itu untuk menyalip.

Balapan menyisakan 16 putaran lagi, Bagnaia masih terdepan. Dia berjarak 0,492 detik dari Miller di posisi kedua.

Bastianini bisa menyalip Miller saat lap 11. Kini rider Gresini itu berjarak 0,511 detik dari Bagnaia.

Susuki habis di MotoGP Prancis. Joan Mir terjatuh saat race menyisakan 13 putaran.

Marc Marquez kehilangan posisi keenam. Dia dilewati oleh Johann Zarco saat 11 lap tersisa.

Pertarungan sengit dijalani Bagnaia dengan Bastianini. Saat putaran menyisakan tujuh putaran Bagnaia di salip, tapi bisa menjadi terdepan.

Kesalahan Bagnaia di posisi terdepan bisa dimanfaatkan oleh Bastianini untuk menjadi yang terdepan. Satu lap kemudian, Bagnaia terjatuh hingga gagal melanjutkan balapan. Bastianini sudah pasti menjadi juara.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)