Honda Sudah Lama Berencana Lakukan Operasi Bahu Marc Marquez Lagi

Lucas Aditya - Sport
Selasa, 31 Mei 2022 18:50 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 14:  Alberto Puig of Spain manager of Dani Pedrosa of Spain and Repsol Honda Team looks on in pit during the second day of  MotoGP Tests at Losail Circuit on March 14, 2011 in Doha, Qatar.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Alberto Puig menegaskan rencana operasi Marc Marquez sudah lama. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta -

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, akan menjalani operasi bahu lagi. Pabrikan Jepang itu sudah lama merencanakan pembedahan pada Baby Alien.

Masalah pada bahu dialami oleh Marc Marquez sejak 2019. Dia mengalami itu saat tes pramusim di Jerez.

Operasi sudah dilakukan agar cedera itu sembuh, tapi hasilnya masih belum maksimal. Pebalap 29 tahun itu tak bisa mencapai kebugaran 100 persen.

Marc Marquez absen pada sepanjang MotoGP 2020 setelah crash pada MotoGP Spanyol 2020. Pemulihan cedera bahu Marc Marquez membutuhkan waktu lebih dari semusim, dia baru kembali pada seri MotoGP Portigal 2021.

Performa Marc Marquez lantas tak pernah mencapai titik puncak karena cedera bahu itu. Dia pun diharuskan menjalani operasi dan tak bisa bermain di sisa MotoGP musim ini.

Manajer Honda, Alberto Puig, menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan konsultasi lama dengan dokter terkait tindakan yang ingin dilakukan agar Marc Marquez bisa fit 100 persen.

"Ya. Kami sudah menganalisa kemungkinan operasi lagi pada beberapa waktu lalu dan akhir pekan ini akhirnya kami mendapatkan lampu hijau dari dokter," kata Puig di GP One.

"Pada hari Jumat, kami tahu itu mungkin untuk melakukan ini dan kami mengikuti saran itu, untuk Marc Marquez berhenti membalap dan pergi ke AS untuk mencoba dan akhirnya mengatasi masalahnya," kata dia menambahkan.

Pebalap tes Honda, Stefan Bradl, disebut akan menjadi pengganti Marc Marquez. Dia menjadi pilihan paling realistis untuk Honda.

"Kami akan menggantikan dia dengan test rider kami, Stefan Bradl, karena itu merupakan satu-satunya kemungkinan yang kami miliki. Motor MotoGP merupakan mesin yang rumit dan anda tak bisa menaruh semua rider di sini, anda membutuhkan seseorang yang mempunyai pengalaman," kata Puig lagi.



Simak Video "Marc Marquez Crash 2 Kali, Fans Kecewa tapi Tetap Optimis Podium"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)