Rumor MotoGP 2023: Alex Rins Gantikan Alex Marquez di LCR Honda

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 21 Jun 2022 20:05 WIB
HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 17: Alex Rins of Spain and Team SUZUKI ECSTAR looks during the free practice of the MotoGP Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland at Sachsenring Circuit on June 17, 2022 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Rins bernegosiasi dengan LCR Honda untuk kursi di MotoGP 2023. Foto: Getty Images/Steve Wobser
Jakarta -

Alex Rins sedang bernegosiasi untuk membalap bersama LCR Honda di MotoGP 2023. Ia akan diproyeksikan sebagai pengganti Alex Marquez.

Dilaporkan Motorsport, pembicaraan Rins dan LCR telah memasuki tahap lanjut, dan sejauh ini berjalan positif. Jika tak ada aral melintang, kepindahan Rins bisa diumumkan saat jeda musim panas.

Meski begitu, jadi tidaknya Rins ke LCR juga bergantung dengan keputusan Honda selaku pemasok mesin yang juga memiliki wewenang dalam menentukan line-up untuk tim satelit mereka. Selain itu, ada faktor gaji yang dipertimbangkan.

Rins sudah enam musim tampil di MotoGP, seluruhnya bersama Suzuki. Seiring keputusan pabrikan Hamamatsu itu cabut dari ajang balap motor tercepat di dunia itu pada tahun depan, maka rider 26 tahun itu pun harus segera mencari tim baru.

Kursi Alex Marquez di LCR Honda memang tak aman, menyusul performanya yang biasa-biasa saja selama dua musim terakhir. Sejak dikirim Honda ke tim satelit, adik Marc Marquez itu belum lagi meraih podium.

Capaian terbaiknya bersama LCR Honda hadir di MotoGP Algarve 2021, saat ia finis keempat. Sementara di MotoGP 2022, ia baru dua kali finis 10 besar, yakni di posisi tujuh di MotoGP Portugal dan posisi sepuluh di MotoGP Catalunya.

Tak cuma posisi Alex Marquez yang terancam, namun Takaaki Nakagami juga. Rumornya, ia akan digantikan oleh rekan senegaranya, Ai Ogura yang tengah tampil oke di Moto2 tahun ini, menempati posisi dua klasemen sementara di bawah Celestino Vietti.

Jika sampai terjadi, Nakagami kabarnya akan dipekerjakan sebagai pebalap tes seperti halnya Stefan Bradl yang akan dipertahankan sampai 2023.

Honda sendiri sudah mengonfirmasi bahwa mereka telah berbicara dengan dua rider Suzuki tentang potensi bergabung di musim depan. Joan Mir dikabarkan akan segera bergabung dengan Repsol Honda, menggantikan Pol Espargaro yang dikaitkan dengan KTM Tech3.

(adp/aff)