Toprak Jajal Perdana Motor MotoGP, Bagaimana Kesannya?

Lucas Aditya - Sport
Kamis, 23 Jun 2022 16:30 WIB
Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow usai tes YZR-M1 di SIrkuit Aragon, Selasa (22/6/2022)
Juara dunia World Super Bike musim lalu, Toprak Razgatlioglu, sudah menjajal motor Yamaha di MotoGP. Ini kesan rider Turki itu tentang YZR-M1. (Foto: dok.WSBK)
Jakarta -

Juara dunia World Super Bike musim lalu, Toprak Razgatlioglu, sudah menjajal motor Yamaha di MotoGP. Ini kesan rider Turki itu tentang YZR-M1.

Di Aragon, Spanyol, Selasa (21/6/2022), Toprak menyelesaikan lap pertama dengan mesin MotoGP. Yamaha ingin melihat bagaimana Toprak beradaptasi dengan motor MotoGP.

"Ini adalah pertama kali saya mengendarai M1. Motor MotoGP benar-benar berbeda dengan R1 saya. Lebih bertenaga, elektronik yang berbeda, dengan girboks seamless -semua itu benar-benar baru untuk saya," kata Toprak di Speedweek.

"Saya banyak belajar setiap lap karena tak mudah untuk membiasakan diri dengan motor MotoGP. Motornya terasa beda, terutama saat trek lurus di mana itu sangat cepat dan rem carbon sangat menarik," kata dia menambahkan.

Toprak tak sendiri dalam menjalani tes menunggangi motor MotoGP. Pebalap 25 tahun itu mendapatkan bimbingan dari pebalap tes Yamaha, Calcrutchlow.

"Untungnya ada Cal di sana karena dia bisa banyak membantu saya," kata Toprak.

"Kondisinya sangat panas, jadi setelah lap pertama kami membatasi diri enam sampai lima lap. Saat saya melihat MotoGP Aragon di TV, saya bisa melihat bahwa ini sedikit bergelombang dan saya bisa merasakannya."

"Tapi, ini tidak baik, anda hanya harus menjaga tangan agar tak melepas gas saat ada di jalan bergelombang. Kalau anda melepas gas, motor menjadi lebih tak stabil," kata Toprak menambahkan.

(cas/krs)