LCR Honda Konfirmasi Kepergian Alex Marquez, Rins Segera Merapat

Adhi Prasetya - Sport
Jumat, 24 Jun 2022 15:10 WIB
LCR Honda Castrol Spanish rider Alex Marquez speaks to reporters at the Algarve International Circuit in Portimao on April 21, 2021, ahead of the Portuguese Grand Prix MotoGP. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP) (Photo by GABRIEL BOUYS/AFP via Getty Images)
Alex Marquez akan tinggalkan LCR Honda musim depan. Foto: AFP via Getty Images/GABRIEL BOUYS
Assen -

Alex Marquez akan meninggalkan LCR Honda di akhir MotoGP 2022. Juara dunia dua kali itu dilaporkan akan menyeberang ke Gresini Ducati.

Kepergian Alex Marquez dikonfirmasi oleh bos LCR Honda, Lucio Cecchinello. Hasil yang tak kunjung bagus membuat kedua pihak sepakat berpisah.

Sejak turun di kelas MotoGP, Alex Marquez hanya meraih podium dua kali, itu pun di musim perdana bersama Repsol Honda. Setelah disekolahkan ke tim satelit selama dua musim, capaian terbaiknya hanya finis keempat di MotoGP Algarve musim lalu.

"Kami sangat memahami bahwa sulit bagi Alex untuk tetap mengendarai motor yang, sayangnya, tak sekompetitif yang layak ia dapat untuk kerja keras dan dedikasinya," ujar Cecchinello kepada Motorsport Espana.

"Kami akan terus memberikan yang terbaik untuk Alex sampai akhir musim ini, tapi sulit baginya menemukan motivasi jika dia tahu tak bisa mendapat akses untuk meraih hasil yang bagus," jelasnya.

Cabutnya Alex Marquez semakin menguatkan rumor kedatangan Alex Rins ke skuad yang berbasis di Monako itu. Cecchinello pun menyebut timnya memang mengadakan pembicaraan dengan rider Suzuki tersebut.

"Kami sudah bicara dengan perwakilan Rins dan kami sudah saling memahami dalam banyak hal. Semoga akhir pekan ini di Assen saya bisa bertemu dengannya lagi dan ada kemajuan soal ini. Saya ingin memastikan semua beres sebelum jeda musim panas," jelas Cecchinello.

Alex Marquez diyakini tak akan menganggur musim depan. Gresini kemungkinan akan menjadi pelabuhan berikutnya, seiring menguatnya kabar Enea Bastianini akan dipromosikan ke motor pabrikan, baik itu ke Pramac Racing atau tim utama Ducati.

(adp/aff)