ADVERTISEMENT

MotoGP Aragon 2022: Bastianini Menang Dramatis atas Bagnaia

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 18 Sep 2022 20:06 WIB
Enea Bastianini
Enea Bastianini memenangi MotoGP Aragon 2022. (Foto: dok.Federal Oil)
Jakarta -

Rider Gresini Racing, Enea Bastianini, mampu menjadi pemenang MotoGP Aragon 2022. Rider Italia itu menang dramatis atas Francesco Bagnaia.

Di Sirkuit Aragon, Spanyol, Minggu (18/9/2022), Bastianini menjadi yang tercepat dalam 23 lap dengan catatan waktu 41 menit 35,462 detik. Dia menyalip Pecco di saat terakhir untuk membukukan kemenangan keempat musim ini.

Sebelumnya, Bastianini mampu menjadi juara di MotoGP Qatar, MotoGP Amerika Serikat, dan MotoGP Prancis. Dia kini menempati posisi keempat klasemen MotoGP 2022 dengan raihan 163 poin.

Sementara itu, Bagnaia memangkas jarak dengan Fabio Quartararo di klasemen MotoGP 2022. Dengan tambahan 20 poin, Pecco membukukan sebanyak 201 poin. Dia tinggal berjarak dengan 10 poin dengan Quartararo di posisi teratas.

Jalannya Balapan

Bagnaia menjalani start mulus. Dia bisa mempertahankan posisi pertama. Kecelakaan terjadi di tikungan kelima. Fabio Quartararo menabrak bagian belakang motor Marc Marquez, hingga jatuh.

Beberapa saat kemudian, Takaaki Nakagami yang bersenggolan dengan Marc Marquez. Rider Jepang itu nyaris tertabrak rider di belakangnya, untungnya bisa selamat.

Motor Marc Marquez rusak karena insiden-insiden yang dialaminya. Dia pun kembali ke paddock karena tak bisa melanjutkan balapan.

Hingga lap keenam, Bagnaia mampu mempertahankan posisi terdepan. Dia dibuntuti oleh Jack Miller dan Bastianini.

Miller melorot ke posisi kelima saat lap ketujuh. Bastianini, Brad Binder, dan Aleix Espargaro yang mendahului Miller.

Bastianini mampu mendahului Bagnaia saat balapan menyisakan 15 putaran. Dalam sebuah trek lurus, dia mendahului Pecco.

Bastianini melebar saat menikung pada lap yang sama. Bagnaia tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendahuluinya.

Saat balapan menyisakan 10 putaran, Bagnaia masih ada di posisi terdepan. DIa berjarak 0,531 detik dari Bastianini di posisi kedua.

Pada lap terakhir, Bastianini mampu menyalip Bagnaia. Rider nomor 23 itu mampu membukukan kemenangan karena sudah tak terkejar lagi.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT