DetikSport
Jumat 19 Mei 2017, 16:59 WIB

Hati-Hati dengan Mind Game India, Indonesia!

Femi Diah - detikSport
Hati-Hati dengan Mind Game India, Indonesia! Jonatan Christie, tunggal putra Indonesia ke Piala Sudirman 2017. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tim nasional bulutangkis Indonesia wajib pasang kuda-kuda sejak laga perdana Grup D Piala Sudirman. Laga itu bisa menjadi langkah India untuk melemahkan mental Skuat Garuda.

Indonesia akan menjalani pertandingan pertama Piala Sudirman di Gold Coast pada hari ketiga, Selasa (23/5/2017). Dengan jadwal itu, Indonesia memiliki keuntungan untuk mengintip permainan Denmark dan India lebih dulu sebagai dua tim yang sama-sama menghuni Grup D.

Laga antara Denmark dengan India itu dijadwalkan pada Senin (22/5/2017). Pertandingan terebu digelar sehari sebelum pertandingan Indonesia dengan India.

[Baca Juga: Indonesia di Piala Sudirman: Cerdiklah dan Jangan Arogan!]

"Kita bisa menonton lebih dulu seperti apa India dalam menurunkan line up, sehingga nantinya kita bisa memprediksi line up kita seperti apa (saat lawan India)," kata Christian Hadinata, mantan pemain nasional, yang dihubungi detikSport, Jumat (19/5/2017) .

Namun bukan hanya keuntungan yang dimiliki Indonesia dengan jadwal itu. Christian mengingatkan kalau India berpotensi memanfaatkan pertandingan itu untuk mempermainkan psikologi timnas Indonesia.

"Di atas kertas India sama seperti Indonesia, sulit untuk mengalahkan Denmark, dan kalau menurut saya, ini menurut saya ya, mereka memiliki strategi untuk mendapatkan poin dari Indonesia. Makanya, harus diwaspadai apakah India akan bermain serius atau tidak saat lawan Denmark . Atau apakah pertandingan itu sekadar untuk memukul psikologis Indonesia," kata Christian.

[Piala Sudirman 2017: Perjudian Susy Susanti di Tanah Asing]

"Pasti India akan mati-matian lawan kita. Menghadapi Denmark, saya rasa mereka lebih kepada menjalani latihan, menyesuaikan degan atmosfer pertandingan dan lapangan. Kalau Denmark menang telak atas India jangan menilai India gampang. Nilailah India sudah mendapatkan ajang pemanasan.

"Selain itu, bisa jadi India juga mengecoh soal line up. Apakah susunan dari line up India saat menghadapi Denmrk akan sama dengan saat menghadapi Indonesia? Belum tentu. Sebab, India mempunyai keuntungan bisa memainkan order of play dengan memainkan ganda putri mereka untuk bermain pada ganda campuran, sedangkan kita tak fleksibel, mudah terbaca," tutur Christian.


(fem/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed