DetikSport
Kamis 14 September 2017, 16:09 WIB

Sempat Risi Disangka Anak Icuk Sugiarto, Ribka: Sekarang Happy Saja

Mercy Raya - detikSport
Sempat Risi Disangka Anak Icuk Sugiarto, Ribka: Sekarang Happy Saja Ribka Sugiarto (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - Pebulutangkis junior, Ribka Sugiarto, sempat risi disebut-sebut sebagai anak Icuk Sugiarto. Tapi, kini dia tak lagi mempersoalkannya.

Ribka, 17 tahun, menjadi akan menjadi tumpuan Indonesia pada nomor ganda putri dan ganda campuran pada Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis di Yogyakarta, 9-21 Oktober.

Pebulutangkis yang besar di PB Djarum Kudus itu berbekal runner-up Asia Junior Championships 2017 sektor ganda campuran dan semifinalis Jaya Raya Indonesia Junior International Grand Prix 2017 (ganda campuran U19) sertasemifinalis BTY Thailand Junior International Challenge 2017 (ganda campuran).

Bukan hanya soal prestasi yang menjanjikan yang bikin Ribka menarik perhatian publik. Nama belakangnya yang sama dengan pemain bulutangkis tunggal putra Tommy Sugiarto dan ayahnya, Icuk Sugiarto, membuat Ribka dikaitkan dengan keluarga juara dunia 1983 itu. Apalagi, dia memakai jersey dengan nama punggung Sugiarto R.

Kebetulan juga di ajang Asian Junior Chapionships 2017 kemarin dia berpasangan dengan Jauza Sugiarto, yang merupakan anak Icuk.

"Sebelum berpartner dengan Jauza Fadhila Sugiarto sebenarnya sudah sering ditanya-tanya seperti itu. 'Anak dari om Icuk Sugiarto ya? Atau saudara? Tapi, saya sudah jawab tidak, tapi masih banyak yang bertanya sampai sekarang," kata Ribka kepada detikSport.

Ribka Sugiarto (kanan)Ribka Sugiarto (kanan) Foto: Rengga Sancaya/detikSport

"Awalnya sih biasa saja ditanya seperti itu, tapi lama-lamakepikiran kok ditanya terus ya. Apa kurang jelas ya? Seperti itu. Akhirnya, karena sudah terlalu sering ditanya seperti itu jadibete. Tapi bukanbete yang bawa ke permainan atau bagaimana, cuma sudah diberi tahu, kok masih banyak juga yang bertanya," ujarnya.

Namun dalam perjalanannya, Ribka cuek saja. Apalagi, setelah dia mengenal Jauza.

"Kalau sama kakak Jauza biasa saja ya. Jadi, seperti banyak yang bilang seperti saudara, dibawa happy saja sih dan tidak terlalu dipikirkan banget," tutur Ribka.

Rupanya, nama Sugiarto memang nama ayahnya, Bambang Sugiarto. Tapi, keluarga besarnya sama sekali tidak memiliki hubungannya dengan legenda bulutangkis tersebut.

"Keluarga papah ada juga pakai nama Sugiarto tapi tak ada hubungan darah. Di keluarga saya, hanya saya dan papah yang suka bulutangkis, tapi hobi saja," kata pebulutangkis asal Karanganyar, Jawa Tengah itu.

"Tapi papah pernah bilang, 'sering ya disangka anaknya om Icuk. Tapi papah malah tidak terlalu bagaimana, karena papah dari dulu mengikuti bulutangkis banget," Ribka menambahkan.

Tidak Bisa Ganti Nama Jersey

Ribka SugiartoRibka Sugiarto Foto: dok. Humas PBSI


Seringnya pertanyaan terhadap Ribka soal Icuk Sugiarto itu bahkan sampai membuat Ribka berencana mengubah nama punggungnya. Tapi, rupanya tak bisa dilakukan.

"Di kaus saya tulisannya Sugiarto R, kalau Kak Jauza Sugiarto J.F. Tapi, tidak bisa diganti karena di internasional itu harus nama belakang dulu, baru nama depan," kata Ribka.

"Ya, pesan-pesannya, bahwa saya bukan anak om Icuk. Jadi tidak ada saudara atau sedarah itu tidak ada," kata anak pertama dari dua bersaudara ini.

Idolakan Liliyana Natsir dan Zhao Yunlei

Ribka memiliki idola yang selama ini menjadi panutannya menjadi pemain bulutangkis. Mereka adalah Liliyana Natsir dan Zhao Yunlei.

"Saya senang mereka berdua karena main dan prestasinya mereka bagus," kata Ribka.

Perempuan kelahiran di Karanganyar, 22 Januari 2000, ini berharap bisa meniru prestasi-prestasi idolanya tersebut.

"Iya ingin menjadi juara Olimpiade, juara dunia, dan berprestasi di event-event internasional lainnya. Saya harap lima tahun lagi bisa seperti mereka," harapnya.



(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed