detiksport
Follow detikSport
Rabu, 11 Jul 2018 18:40 WIB

Liliyana Akan Pensiun, Mau Tak Mau Tontowi Dituakan

Mercy Raya - detikSport
Foto: Agung Pambudhy/detikSport Foto: Agung Pambudhy/detikSport
Jakarta - Akan ditinggal Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad dituntut untuk lebih dewasa. Dia harus mampu mengangkat prestasi pemain yang lebih muda.

Liliyana, 32 tahun, berencana untuk gantung raket setelah Asian Games 2018. Dia berharap Tontowi bisa menggantikan perannya.

"Sebenarnya kalau bicara seperti itu siap atau tidak siap Tontowi harus siap," kata Liliyana kepada detikSport, Rabu (11/7/2018).

"Seperti yang saya bilang tadi pada saat saya berpartner dengan Nova Widianto kemudian berpindah ke Tontowi Ahmad, sebenarnya keadaan saya sama saat itu. Siap atau tidak siap harus siap dan yang membuat kami siap sebenarnya adalah keadaan," dia menjelaskan.



"Dan saya rasa pada saat dia dipartnerkan dengan yang muda mau tak mau dia akan bisa dengan sendirinya, bisa menyesuaikan. Yang penting dia mau, leadershipnya ada, mau share pengalamannya, dia mau sabar, harusnya bisa," ujar pebukutangkis yang akrab disapa Butet itu.

Berkaca pengalamannya, Butet menyebut tugas Tontowi tidak gampang. Owi diminta bersabar.

"Karena biasanya bersama Butet kok kemudian beda. Pasti ada rasa membanding-bandingkan. Itu yang mungkin harus dikontrol oleh Tontowi," ujarnya.

"Nah untuk cover saya rasa Tontowi sudah punya sih. Kemarin saat saya cedera dia sudah menunjukkan bagaimana dia meng-cover permainan dan harusnya memang seperti itu. Cuma bagaimana nanti motivasinya saja masih lebih gak? Apalagi dia akan berpartner dengan yang muda," dia menambahkan.

Liliyana Tak Punya Kandidat Penggantinya

Apalagi, Liliyana belum memiliki kandidat kuat pengganti dirinya. Dia menyerahkan kepada pelatih. Selain bersama Liliyana, Tontowi juga pernah berpartner dengan Gloria Emanuelle Widjaja, juga Debby Susanto.

"Belum tahu nanti biar pelatih yang menilai. Tontowi karakternya bisa dipasangkan dengan siapa, lalu cara bermainnya cocok yang bagaimana. Saya sih belum bisa bisa bilang Tontowi cocok sama siapa karena belum ada terbukti juga dan balik lagi ke anaknya lagi bagaimana," dia mengucapkan.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed