detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 06 Jan 2020 16:37 WIB

Kualifikasi Olimpiade Tokyo Setengah Jalan, PBSI Pede Loloskan 2 Tunggal Putri

Mercy Raya - detikSport
Fitriani diharapkan tembus Olimpiade 2020 Tokyo. (Hafidz Mubarak/pd/Antara)
Jakarta - Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) percaya diri meloloskan dua wakil tunggal putri ke Olimpiade 2020 Tokyo. Asalkan, Fitriani dkk menunjukkan laju sip di tiga turnamen bulan Januari 2020.

Tunggal putri menjadi sektor yang menunjukkan laju paling lambat dalam pengumpulan poin Olimpiade 2020 dibandingkan empat kategori lain. Setelah setengah jalan Kualifikasi Olimpiade 2020 dilalui, tunggal putri belum bisa memenuhi syarat untuk meloloskan dua wakil. Sebab, baru satu yang mengisi peringkat 16 besar, yakni Gregoria Mariska Tunjung, yang ada di urutan ke-14. PAdahal untuk mewakilkan dua tunggal ke Tokyo minimal dua pemain harus mengisi 16 besar.

Peringkat tunggal putri lainnya masih di luar 16 besar. Fitriani berada di peringkat ke-18, sedangkan Ruselli Hartawan pada peringkat 23.

PBSI belum menyerah. Fitriani dan Ruselli diberi tugas untuk bisa menyusul Gregoria ke peringkat 16 besar pada akhir Kualifikasi Olimpiade di bulan April 2020.


Untuk itu, PBSI merencanakan delapan turnamen yang wajib diikuti Gregoria, Fitriani, dan Ruselli. Tiga di antaranya turnamen di bulan Januari 2020; Malaysia Master, Indonesia Masters, dan Thailand Masters 2020.

"Yang sudah masuk tentu itu yang prioritas. Tapi, tunggal itu (minimal lolos) 16 (besar) jadi masih ada kesempatan. Masih tersisa delapan pertandingan lagi dan akan kami maksimalkan. Apalagi, jika beda rankingnya tak terlalu jauh," kata Kepada bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Susy Susanti, kepada detikSport, Senin (6/1/2020).

"Fitriani atau Ruselli masih bisa bersaing. Kami masih berharap tunggal putri bisa meloloskan dua karena untuk masuk 16 tidak terlalu jauh. Makanya, kami masih beri kesempatan," dia menambahkan.

Susy akan memantau laju tiga tunggal putri itu. Utamanya di tiga turnamen bulan Januari ini.

"Betul, salah satunya itu. Kami akan lihat hasilnya dan perfoma dalam pertandingan itu. Kami diskusi apakah akan diteruskan atau tidak. Jika tambah jauh ya tinggalkan. Tapi, kami tetap berusaha jika memang bisa dua kenapa tidak karena masih ada waktu. Sama seperti 2016, Praveen Jordan/Debby Susanto betul-betul genjot untuk bisa loloskan dua wakil. Kami tetap mencoba sembari kami terus menilai," dia menegaskan.

Kualifikasi Olimpiade Tokyo Setengah Jalan, PBSI Pede Loloskan 2 Tunggal Putri




Simak Video "Menpora Nengok Jonatan Christie cs Berlatih Demi Olimpiade 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com