detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 09 Feb 2020 20:05 WIB

Cegah Virus Corona, Pebulutangkis Tak Wajib Salaman di Kejuaraan Asia?

Mercy Raya - detikSport
Mohammad Ahsan Mohammad Ahsan dan tim bulutangkis Indonesia tak wajib salaman di Kejuaraan Beregu Asia karena virus corona? (Foto: dok.PBSI)
Manila -

Dampak virus corona tidak hanya membatalkan kejuaraan bulutangkis di China. Pemain mungkin tak wajib salaman ketika mulai atau di akhir pertandingan. Benarkah?

Skuad bulutangkis mendarat di Manila, Sabtu (8/2). Mereka akan mengikuti Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia atau Badminton Asia Team Championships 2020 bergulir pada 11 hingga 16 Februari 2020 di Rizal Memorial Coliseum, Manila.

Anthony Ginting dkk juga sudah menjajal lapangan yang digunakan untuk bertanding. Meski begitu, mereka mengantisipasi merebaknya virus corona selama Kejuaraan Asia di Manila, termasuk peluang pihak penyelenggara tak mengharuskan pemain bersalaman.

"Belum tahu karena baru disampaikan secara resmi nanti di technical meeting (untuk menghindari virus corona). Kami juga tak tahu karena mau salaman atau tidak bukan hal lah yang penting," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, kepada pewarta, Minggu (9/2/2020) dalam sambungan telepon.

Di sisi lain, Budi, panggilan karib Achmad Budiharto, mengatakan tim Indonesia telah menjaga kesehatan dengan menggunakan masker saat berlatih. Meski tidak ada aturan wajibnya.

"Ada yang pakai ada yang tidak, karena penyebaran itu bukan dari udara, kan penyebaran melalui sentuhan langsung," ujar dia.

Tak hanya itu, setibanya Timnas Indonesia di bandara Manila juga sudah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh pemain.

"Begitu juga di hotel juga sama ada pengecekan, semua tamu di cek. Puji syukur semua lancar tak ada masalah. Kondisi pemain baik, malah tadi sudah latihan di main hall dari jam 11 sampe jam 1 siang, dan tak ada masalah," dia menegaskan.



Simak Video "Tembus 1.800 Orang Tewas Akibat Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com