detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 14 Okt 2020 14:37 WIB

Usai Juara Prancis Terbuka, Nadal Dapat Gelar Kehormatan Tertinggi Spanyol

Okdwitya Karina Sari - detikSport
PARIS, FRANCE - OCTOBER 11: Rafael Nadal of Spain celebrates after winning championship point during his Mens Singles Final against Novak Djokovic of Serbia on day fifteen of the 2020 French Open at Roland Garros on October 11, 2020 in Paris, France. (Photo by Julian Finney/Getty Images) Rafael Nadal diberikan gelar kehormatan tertinggi Spanyol di bidang olahraga. Foto: Getty Images/Julian Finney
Madrid -

Prestasi Rafael Nadal diakui Pemerintah Spanyol. Nadal akan dianugerahi gelar kehormatan tertinggi dalam bidang olahraga usai memenangi Prancis Terbuka 2020.

Petenis kidal itu menjadi kampiun setelah menumpas Novak Djokovic tiga set langsung 6-0, 6-2, 7-5 pada laga final, Minggu (11/10/2020). Itu merupakan titel Prancis Terbuka ke-13 bagi Nadal sekaligus gelar Grand Slam ke-20 dalam kariernya, menyamai rekor gelar Grand Slam terbanyak petenis putra yang dipegang Roger Federer.

Dilansir AS, Pemerintah Spanyol telah mengumumkan bahwa Nadal akan menerima La Gran Cruz de la Real Orden del Merito Deportivo (Grand Cross of the Royal Order of Sporting Merit). Gelar itu merupakan gelar tertinggi yang diberikan kepada orang-orang dengan prestasi paling mengilap.

"Kalau ada seseorang yang pantas mendapatkan la Real Cruz del Orden del Merito Deportivo, maka itu adalah Anda @Rafael Nadal," tulis Dewan Olahraga Tinggi Spanyol di Twitter.

"Anda sudah mengukir sejarah dan menjadi sebuah kebanggaan di seluruh negeri."

La Gran Cruz de la Real Orden del Merito Deportivo sebelumnya diterima oleh pegolf top Seve Ballesteros dan legenda Real Madrid Alfredo Di Stefano. Trio pemenang Piala Dunia 2010: Iker Casillas, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta juga pernah mendapatkan penghargaan serupa.

Meski begitu, Nadal bukan satu-satunya petenis yang pernah mendapatkan La Gran Cruz de la Real Orden del Merito Deportivo. Pemenang empat titel Grand Slam Arantxa Sanchez Vicario lebih dahulu mendapatkannya pada 2001.

"Apa yang sudah kamu lakukan di lapangan ini begitu luar biasa. Sepanjang kariermu, kamu sudah menjadi seorang juara yang hebat," ucap Djokovic usai dikalahkan Nadal.

"Hari ini kamu menunjukkan mengapa kamulah Raja Tanah Liat-nya. Aku sudah mengalaminya sendiri. Itu tadi adalah pertandingan yang sangat berat untukku, sudah jelas aku tidak begitu senang dengan permainanku sendiri tapi aku pastinya kalah dari pemain yang lebih baik pada hari ini di lapangan."



Simak Video "Kandaskan Djokovic, Nadal ke Final Italia Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com