detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 11 Des 2020 19:50 WIB

Kejuaraan Asia Bulutangkis Beregu Campuran 2021 Ditiadakan

Mercy Raya - detikSport
Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja tumbang di babak pertama Indonesia Masters 2020. Mereka kalah dari pasangan China. Kejuaraan Asia Bulutangkis Beregu Campuran Asia 2021 tak digelar. (detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Federasi Bulutangkis Asia (FBA) memastikan Kejuaraan Bulutangkis Beregu Campuran Asia 2021 tak digelar. Tidak ada yang bersedia menjadi tuan rumah.

Ketua Panitia Pelaksana Badminton Asia Bambang Roedyanto mengatakan semula kejuaraan beregu edisi ketiga itu akan digulirkan di Wuhan, China, Februari mendatang. Tapi kemudian pemerintah China telah memutuskan membatalkan semua event olahraga internasional selama sisa tahun ini hingga batas waktu yang tidak diketahui.

Keputusan itu pun berdampak pada kelangsungan turnamen olahraga yang digelar dua tahun sekali tersebut. FBA sempat menawarkan ke sejumlah negara namun tak ada yang bersedia menyelenggarakan di negaranya.

"Kami telah memutuskan bahwa tidak akan ada Kejuaraan Beregu Campuran Asia tahun depan karena kami tidak bisa mendapatkan negara mana pun untuk menjadi tuan rumah," kata Roedy dalam laman TheStar.

"Ini sulit secara logistik dan kepatuhan prosedur operasi standar akan menjadi tantangan besar," lanjutnya.

Ironisnya, meski China menolak menggelar kejuaraan bulutangkis beregu campuran, mereka masih bersedia menggelar Kejuaraan Asia Perorangan.

"Tapi Kejuaraan Asia (individu) pada April sudah pasti. Wuhan dikonfirmasi sebagai tuan rumah," sebut Roedy

Untuk diketahui, Kejuaraan Beregu Campuran Asia merupakan kualifikasi Final Piala Sudirman 2021. Dengan pembatalan ini maka perwakilan Asia akan ditentukan oleh peringkat dunia.

Piala Sudirman sendiri akan digelar secara tertutup di Suzhou tahun depan dengan hanya 16 tim yang bersaing.

Mirip dengan Final Piala Thomas dan Uber, tim akan terdiri dari pemegang gelar, tuan rumah, semi-finalis pertemuan kontinental dari Asia dan Eropa dan juara Afrika, Oseania dan Pan-Am.

Mereka yang gagal lolos ke pertandingan kontinental masih bisa lolos jika mereka menjadi tiga tim dengan peringkat tertinggi berikutnya di dunia.

Sementara Badminton Asia telah membatalkan acara tersebut. Badminton Eropa akan tetap melangsungkan Kejuaraan Beregu Campuran Eropa di Vantaa, Finlandia, mulai 16-20 Februari.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com