detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 17 Des 2020 22:05 WIB

Resmi Diundur, Australia Terbuka 2021 Akan Dimulai Februari

Adhi Prasetya - detikSport
MELBOURNE, AUSTRALIA - FEBRUARY 02: Novak Djokovic of Serbia poses with the Norman Brookes Challenge Cup after winning the Mens Singles Final against Dominic Thiem of Austria on day fourteen of the 2020 Australian Open at Melbourne Park on February 02, 2020 in Melbourne, Australia. (Photo by Cameron Spencer/Getty Images) Djokovic saat menjadi pemenang Australia Terbuka 2020. Foto: Getty Images/Cameron Spencer
Jakarta -

Turnamen Grand Slam Australia Terbuka 2021 resmi diundur dari jadwal semula. Pandemi COVID-19 menjadi alasannya.

Seperti diberitakan BBC dan Reuters, Australia Terbuka sedianya akan diselenggarakan pada 18-31 Januari di Melbourne Park. Namun jadwal itu akhirnya digeser menjadi 8-21 Februari.

Kepastian itu didapat usai ATP mengumumkan kalender turnamen tenis untuk awal tahun depan. Pergeseran ini merupakan upaya antisipasi penyebaran kembali virus Corona di negara bagian Victoria.

Hingga 17 Desember 2020, wilayah di selatan Australia itu dilaporkan sudah menjalani 48 hari tanpa satu pun kasus positif, namun protokol kesehatan ketat tetap dijalankan pemerintah setempat agar situasinya tak berubah. Perjalanan ke Australia pun masih dibatasi.

Hal ini membuat penyelenggaraan turnamen mengalami berbagai penyesuaian. Seperti misalnya babak kualifikasi putra, yang justru akan digelar di Doha, Qatar, pada 10-13 Januari.

Setelahnya, peserta yang sudah lolos akan berangkat ke Melbourne dan harus menjalani karantina selama dua pekan. Kemudian barulah mereka bisa ikut ambil bagian dalam turnamen pemanasan sebelum tampil di Australia Terbuka.

"Kesehatan dan keselamatan akan terus menjadi pertimbangan utama kami dalam menghadapi tantangan yang menanti di depan," ujar Chairman ATP, Andrea Gaudenzi.

Pada Januari lalu, Australia Terbuka 2020 dimenangkan oleh Novak Djokovic di sektor tunggal putra, sedangkan gelar juara tunggal putri jatuh ke tangan Sofia Kenin. Itu menjadi turnamen grand slam terakhir yang digelar sebelum pandemi virus Corona merebak di seluruh dunia.

(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com