Petenis RI Ini Lagi Dilema, Jelang Turnamen di Tengah Pandemi Corona

Mercy Raya - Sport
Senin, 23 Nov 2020 19:50 WIB
Indonesia kembali meraih medali emas di cabang olahraga tenis SEA Games 2019. Emas itu diperoleh Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat dari ganda campuran tenis.
Petenis putri RI, Aldila Sutjiadi. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Aldila Sutjiadi, petenis Indonesia, tengah bersiap menghadapi turnamen pada akhir tahun. Tapi ia pun masih dihantui ancaman potensi terpapar virus Corona.

Aldila berencana tampil di turnamen tenis internasional yang berlangsung di Dubai, pada 7-15 Desember mendatang. Ajang itu merupakan turnamen pertama untuk kawasan Asia yang digelar di masa wabah COVID-19 yang masih melanda dunia.

Final entry list peserta baru akan keluar Selasa (24/11/2020) malam waktu setempat atau Rabu pagi waktu Indonesia. Sambil menunggu hasil entry by name, peraih medali emas Asian Games 2018 itu terus menggenjot latihan bersama rekan-rekannya di Lapangan Tenis GBK.

Meskipun begitu, Aldilla juga tak bisa menafikan rasa was-was dalam benaknya. Pasalnya, satu sisi ia membutuhkan turnamen tersebut untuk mendongkrak ranking dunianya. Di sisi lain, ia juga khawatir dengan paparan virus Corona.

"Pastinya ada (rasa cemas) karena saya belum pernah naik pesawat lagi sejak Maret lalu. Tapi mau bagaimana lagi harus ikut turnamen. Kebutuhan untuk main besar karena sudah lama juga tidak turun," kata Aldila kepada detikSport, Senin (23/11/2020).

Selain itu, sebut peraih medali emas SEA Games 2019 ini, turnamen internasional di Dubai tidak mengharuskan peserta untuk karantina selama 14 hari. Makanya, dipastikan banyak petenis top yang ikut ambil bagian di ajang tersebut.

"Kami hanya perlu tunjukkan hasil tes PCR. Memang lebih gampang ketimbang ikut turnamen di Eropa dan Amerika. Makanya, ini memastikan dulu juga apakah bisa masuk babak kualifikasi atau tidak. Kalau masuk pasti berangkat."

Terkait itu, petenis berusia 25 tahun ini berharap ada kabar baik yang diterimanya esok. Dia tak mau berspekulasi soal target dulu. "Ancang-ancangnya masuk kualifikasi dulu. Soalnya susah kan pasti ramai yang ikut, selain memang turnamennya juga lumayan," ujarnya.

"Kalau jadi berangkat, sebisa mungkin saya mengikuti protokol yang ada, seperti menggunakan face shield, pakai apapun yang tertutup, rajin cuci tangan. Persiapan lain ya makanan bergizi dan istirahat yang cukup sih karena semua tergantung sistem imun kita," kata Aldila Sutjiadi menyoal cara melindungi diri agar tak terpapar virus Corona.

(mcy/krs)