detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 22 Feb 2021 15:20 WIB

Bentrok dengan Malaysia Open, Piala Sudirman 2021 Ditunda

Mercy Raya - detikSport
Indonesia lolos ke Semifinal Piala Sudirman setelah mengalahkan Taiwan dengan skor 3-2 di Guangxi Sports Center Gymnasium, Jumat (24/5/2019). Ilustrasi Piala Sudirman (Antara Foto/Wahyu Putro A)
Jakarta -

Piala Sudirman 2021 resmi ditunda sehubungan Malaysia Open yang telah mendapatkan jadwal baru. Kepastian itu tertuang dalam kalender turnamen bulutangkis yang telah direvisi BWF di dalam lamannya.

Dalam keterangannya, BWF lebih dulu mengumumkan soal penundaan sejumlah turnamen, yaitu Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapore Open 2021, menyusul Indonesia Open dan Indonesia Masters yang juga terkena dampaknya.

Induk organisasi bulutangkis dunia itu juga sekaligus menginformasikan soal jadwal terbaru. Dalam jadwal yang telah direvisi, turnamen Malaysia Open akan digelar 25-30 Mei dari semula 31 Maret-4 April.

Sedangkan Singapore Open 2021 akan digelar 1-6 Juni dari seharusnya 13-18 April. Tapi ternyata perubahan itu secara otomatis juga berdampak pada jadwal turnamen lainnya. Piala Sudirman 2021 salah satunya.

Kejuaraan beregu itu seharusnya berlangsung 23-30 Mei. Tapi karena bentrok dengan Malaysia Open (setelah dilakukan perubahan tanggal) maka otomatis ajang itu ditunda.

Mengonfirmasi itu, Kepala bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy belum bisa berkomentar. Ia masih menunggu informasi dari Kepala bidang Luar Negeri Bambang Roedyanto yang saat ini tengah berada di Tokyo, Jepang.

"Nunggu ya soalnya saya harus tanya bidang luar negeri dulu untuk memastikan kebenarannya," kata Broto.

Sebagai gambaran, perubahan jadwal turnamen terjadi karena pandemi COVID-19 yang belum kunjung mereda. Alhasil, BWF harus bisa menyesuaikan dengan kondisi tuan rumah dan perkembangan pandemi yang terjadi secara global.

Piala Sudirman atau turnamen bulutangkis beregu campuran dua tahunan ini terakhir kali berlangsung di China. Saat itu, tuan rumah keluar sebagai juara setelah mengalahkan Jepang 3-0 di partai final 2019. Sementara Indonesia keluar sebagai semifinalis bersama Thailand.

Merah-Putih terakhir kali berhasil menyabet gelar juara pada 1989, yang mana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Saat itu, Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan 3-2.

Saksikan juga 'Indonesia Gagal ke Final Piala Sudirman 2019':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com