detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Feb 2021 15:25 WIB

Pulih, Praveen Jordan Genjot Reaksi dan Kuatkan Otot Kaki

Mercy Raya - detikSport
Praveen/Melati di All England 2020 Praveen Jordan sudah mulai latihan. (Foto: PP PBSI)
Jakarta -

Kondisi pemain ganda campuran Praveen Jordan dikabarkan pulih. Ia bahkan telah kembali menjalani latihan secara maksimal.

Praveen diketahui mengalami cedera pada bahunya. Melalui hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI), pemain yang karib disapa Ucok ini, mengalami peradangan dan robekan di area rotator cuff-nya. Akibatnya, ia belum bisa memulai latihan dengan pemain lainnya di lapangan sejak awal Februari lalu.

Tapi kondisi Praveen kini dinilai sudah membaik. Hal itu disampaikan pelatih kepala ganda campuran Richard Mainaky melalui video yang diterima detikSport.

Dalam video berdurasi 25 detik itu, Praveen yang mengenakan jersey oranye tengah melakukan latihan sendiri di salah satu lapangan Pelatnas PBSI, Cipayung. Juara All England 2020 itu tengah bergerak ke kiri dan ke kanan sembari tangannya menyentuh benda menyala berbentuk shuttle kock.

"Ini untuk menguatkan otot kaki, reaksi, dan ketahanan," kata Richard, Selasa (23/2/2021).

Menurut Richard, Praveen sejatinya sudah mulai latihan sejak pekan lalu tapi hanya fokus pada kaki dan fisiknya. "Semua gerakan juga sudah maksimal tapi bola-bola atas masih 80 persen," ujarnya.

Selain cedera, faktanya Praveen juga mengalami kegemukan saat tampil di tiga seri Thailand lalu. Bahkan asisten pelatihnya, Nova Widianto, mengakui kondisi itu cukup mempengaruhi perfoma pasangan Melati Daeva Oktavianti ini saat bertanding.

Dari tiga turnamen, Praveen/Melati hanya mampu mendapatkan hasil terbaik sebagai runner up Yonex Thailand Open 2021. Sedangkan dua turnamen lainnya terhenti di babak pertama (Thailand Open II) dan gagal tembus semifinal BWF World Tour Finals 2020.

Tapi Richard mengatakan itu bukan persoalan baginya. "Saya tidak permasalahkan," dia menegaskan.

Bersama Melati, Praveen dipersiapkan menuju All England 2021. Sebagai juara bertahan, mereka digadang-gadang untuk mempertahankan gelar dan menjadi andalan Indonesia selain harapan lain juga ditumpukan kepada ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sebelumnya, Praveen juga menyabet gelar pada 2016. Kala itu, ia berpasangan dengan Debby Susanto.

Simak video 'Lewat Rubber Game, Praveen/Melati Dibungkam Thailand':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com